Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Ban Moge Buat Motor 250cc, Perhatikan Ini

Kompas.com - 11/04/2015, 09:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Michelin Indonesia meluncurkan ban baru, Pilot Road 4 khusus untuk sepeda motor 600cc ke atas, lebih sempit lagi mengakomodasi segmen sport touring. Kendati demikian, ban radial premium ini diklaim bisa digunakan untuk sepeda motor dengan kapasitas mesin lebih kecil, atau 250cc ke atas.

Hal tersebut mengacu pengalaman perusahaan saat memasarkan Pilot Street Radial, ban yang ditujukan untuk 250cc ke atas. Pada praktiknya, konsumen sepeda motor di kelas bawahnya, yakni 150cc, menggunakannya sebagai ban harian.

”Street Radial banyak dipakai anak-anak CBR150R, V-ixion, Byson, bahkan Bajaj. Tidak ada masalah, tapi ada syaratnya,” ucap Country of Sales & Marketing 2Wheels Division Michelin Indonesia, Bayu Surya Pamugar Sugeng, saal peluncuran Pilot Road 4, (10/4/2015).

Lalu, apa syaratnya? Bayu melanjutkan, ada dua hal yang harus diperhatikan saat ban untuk sepeda motor berkapasitas lebih besar dipakai pada tunggangan ber-cc lebih kecil.

Pertama, perhatikan ukuran pelek. ”Tolong jangan dipaksa. Apa pun bannya, semahal apa pun teknologinya, saat ban dipasang pada pelek yang kekecilan dan membentuk donat, performa tidak akan maksimal dan justru membahayakan,” jelas Bayu.

Syarat kedua, perhatikan tekanan angin. Saat tekanan ban terlalu banyak, si karet bundar cenderung licin, dan kalau dipaksa, ban akan melebar. Saat anginnya kurang, ban akan cepat habis, karena beban tak sesuai dengan ukuran dinding.

Michelin Pilot Road 4 tersedia dalam jenis tubeless dengan ukuran 120/60 R17 dan 120/70 R17 untuk ban depan. Sementara untuk belakang, tersedia ukuran 160/60, 180/55, dan 190/50, semua dalam ukuran ring 17. Ban ini dibanderol dalam range Rp 1,35-2,09 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com