Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Nih", Bocoran Motor Sport Dua Silinder Honda

Kompas.com - 10/04/2015, 10:11 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Tak mampu bersaing di segmen sport 250 cc lewat produk impor impor utuh (CBU) CBR250R dari Thailand, membuat PT Astra Honda Motor (AHM) geram. Singkat cerita, AHM lantas meminta prinsipal Honda Motor Company untuk menciptakan sendiri produk baru di segmen ini.

"Produk ini benar-benar baru, belum pernah diproduksi sebelumnya oleh Honda," jelas sumber internal AHM kepada KompasOtomotif, (7/4/2015).

Menurutnya, sepeda motor ini merupakan jawaban dari keinginan konsumen yang meminta sepeda motor sport dua silinder. Bahkan, AHM memilih konfigurasi mesin baru V-twin, ketimbang dua slinder segaris yang ditawarkan dua rivalnya, Yamaha R25 dan Kawasaki Ninja 250R. Dengan perbedaan ini, AHM berharap bisa bersaing di segmen yang cukup bergengsi di mata konsumen ini.

Saat ini, lanjut sumber, persiapan masih terus dilakukan, mulai dari pemilihan pemasok komponen. Satu hal yang pasti, model baru ini berbeda dengan karakter CBR250R yang diproduksi di Thailand. Meskipun desain yang dihasilkan nantinya akan mengarah ke desain futuristik bukan bergaya retro semacan Ducati Scrambler atau Kawasaki Estrella.

"Kalau kita mau juga buat bergaya retro, tapi Jepang sepertinya meminta tetap desainnya futuristik," lanjut sumber itu.

Proses pengujian produksi disebutkan baru mulai dilakukan awal tahun depan, sedangkan produksi massal dan peluncuran akan dilakukan pertengahan 2016. "Kalau trial paling Februari sudah mulai, produksinya sekitar Juli atau Agustus 2016," tutup sumber itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com