Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha, Merek Sepeda Motor Paling Bisa Diandalkan

Kompas.com - 09/04/2015, 18:30 WIB

California, KompasOtomotifConsumer Reports, majalah bulanan di Amerika Serikat yang punya ulasan khas tentang perbandingan produk berdasarkan survei konsumen, menganugerahi Yamaha sebagai merek sepeda motor yang paling bisa dipercaya dan diandalkan. Merek Jepang lain macam Suzuki, Honda, dan Kawasaki menguntit ketat di belakangnya.

Hasil ini dipublikasikan Selasa, (7/4/2015), berdasarkan polling dengan metoda khusus, ditujukan untuk para pemilik sepeda motor. Survei ini adalah bagian dari usaha mencari nilai merek-merek di kategori sepeda motor.

Cukup unik hasilnya, karena merek lokal sendiri macam Harley-Davidson dan Victory malah berada di tengah-tengah. Sementara merek-merek mapan Eropa seperti Triumph, Ducati, dan BMW, terlempar di urutan bawah.

Lebih dari 12.300 pemilik sepeda motor di AS yang disurvei menyatakan bahwa merek yang berhasil memberikan jaminan kekuatan, atau memberikan rasa aman saat melaju di jalanan terbuka dengan sepeda motor yang tak gampang rusak menjadi hal penting.

Berbanding terbalik
Meski demikian, hasil ini tak lantas diartikan bahwa merek-merek Jepang itu mampu memberikan kebahagiaan. Consumer Reports menemukan hal yang kontradiksi antara sepeda motor yang reliable (andal) dan sepeda motor yang bikin happy.

Hasilnya justru terbalik, Victory disusul Harley-Davidson dinobatkan sebagai merek sepeda motor yang paling bikin bahagia para pemiliknya. Merek-merek Jepang justru ada di tengah, disusul merek-merek Eropa.

Indikator untuk membuat bahagia bagi konsumen sepeda motor di AS adalah kenyamanan. Seperti kita tahu, model-model moge macam Harley-Davidson dan Victory sudah pasti jauh lebih nyaman ketimbang tampang sporty ala Yamaha R6, Honda CBR1000R, atau Bahkan Ducati Diavel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com