Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komunitas Etios Valco Tepis Isu Negatif dengan Bukti

Kompas.com - 08/04/2015, 10:57 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Sukabumi, KompasOtomotif – Tipe mesin 3NR-FE, 4-silinder, DOHC, 1.197cc, milik Toyota Etios Valco punya tenaga 81 tk dengan torsi 104 Nm. Spesifikasi dasar itu sebenarnya sudah cukup untuk menggerakkan bobot yang tak sampai satu ton. Namun menurut Toyota Etios Valco Club Indonesia (TEVCI) ada pemahaman salah yang beredar di masyarakat selama ini.

TEVCI mengatakan ada info-info negatif yang berkembang di kalangan umum pengguna Etios dan bahkan di lingkungan anggota, yakni performa hatchback rakitan lokal ini kurang “joss” saat tanjakan. Untuk membuktikan itu TEVCI menggelar touring menuju Pantai Sawarna, Banten, Jawa Barat, 3-4 April 2015.

Toyota Etios Valco Club Indonesia (TEVCI) Toyota Etios Valco Club Indonesia (TEVCI)

Jalur yang diambil melewati wilayah perbukitan Cikidang, lalu menuju Pelabuhan Ratu sebelum melintasi kawasan naik turun ke Sawarna.

“Sebelumnya banyak keluhan dari pengguna bahwa tenaga Etios Valco ngempos kalau tanjakan. Tapi kita bisa buktikan tenaga Etios Valco tangguh di segala medan. Jadi jika ada yang bilang Etios itu “ngok” salah besar,” ujar Ketua Umum TEVCI Tamhid Amali kepada KompasOtomotif.

Touring diikuti sembilan unit Etios milik anggota berbagai chapter TEVCI, yakni Sukabumi, Tangerang, Jakarta, Bekasi, Bandung, dan Lampung. Rata-rata satu mobil diisi empat sampai lima orang, sebab kegiatan ini juga melibatkan keluarga. “Hanya tiga mobil yang diisi dua penumpang,” jelas Tamhid.

TEVCI mengatakan kegiatan ini juga bermaksud memperkenalkan komunitas Etios Valco ke masyarakat umum sepanjang rute, khususnya masyarakat Sukabumi. Hingga saat ini jumlah keanggotaan TEVCI berjumlah 240 orang dari seluruh Indonesia dan terus berkembang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com