Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dominasi "Muscle Car" Retro di Fast and Furious 7

Kompas.com - 06/04/2015, 10:16 WIB
Los Angeles, KompasOtomotif - Sebelumnya sudah dibahas 230 mobil yang dihancurkan di Fast and Furious 7, dari total 340 mobil yang dipakai untuk proses pengambilan gambar. Ada pula rahasia dari mobil-mobil tersebut, yang disamakan spesifikasinya agar memudahkan koreografi.

Lalu, mobil apa saja yang mendominasi sekuel ketujuh dari film laris ini? Secara garis besar, muscle car atau mobil berotot khas Amerika Serikat memang menjadi juara di Fast 7. Aktor utama Vin Diesel yang memerankan sosok pemimpin Dominic Toretto, lebih memilih menggunakan muscle car yang kebanyakan lawas untuk beradu dengan mobil-mobil masa kini, termasuk dari benua Eropa.

IMCDb.org Dodge Charger melakukan aksi terjun dari pesawat terbang

Dodge Charger 1970

Versi modifikasi Dodge Charger 1970, adalah mobil yang melekat dengan sosok Toretto. Dodge Charger sudah melekat dengan Toretto yang diperkenalkan pada sekuel pertama, diceritakan sebagai warisan milik ayahnya.

Adegan paling spektakuler tentu saja terjun dari pesawat Lockheed C-130 Hercules dan terjun bebas dari atas gurun Arizona. Satu unit Charger dijatuhkan dari ketinggian 12.000 kaki dan replika lainnya diterjunkan dari ketinggian 8.000 kaki. Adegan terjun ini menggunakan parasut milik militer. Secara total, sembilan versi Charger disiapkan untuk film ini dan setiap mobil dilengkapi dengan dua sampai tiga unit kamera Go-Pro.

IMCDb.org Dodge Charger tabrakan frontal dengan Aston Martin DB9

Ada adegan menarik lainnya saat Charger yang dikendarai Dom, terlibat tabrakan frontal dengan Jason Statham yang mengendarai Aston Martin DB9. Prosesnya, kedua mobil ini dihubungkan dengan kabel dan ditarik satu sama lain menggunakan remote control pada kecepatan 65 kpj.

"Kecepatan tersebut untuk menghasilkan efek kerusakan yang maksimal, dan hasilnya mengagumkan. Ada guncangan seperti gempa bumi setelah keduanya tabrakan," jelas Dennis McCarthy, sosok yang memodifikasi semua mobil di Fast 7 ini.

The Telegraph Maximus Ultra Charger

Maximus Ultra-Charger

Dominic Toretto juga terlihat mengendarai versi modifikasi Dodge Charger 1968 dengan nama Maximus Ultra-Charger. Dennis McCarthy membeli mobil ini di acara Specialty Equipment Market Association di Las Vegas, karena tertarik pada ubahan eksterior dengan warna logam asli di bodi.

Mobil retro tersebut dibuat oleh Scott Spock Racing dan Nelson Racing Engines. Memiliki mesin 2.000 tk dan dapat mencapai kecepatan 418 kpj, serta dijual dengan harga 1 juta dollar AS atau setara dengan Rp 12,96 miliar.


The Telegraph Playmouth Barracuda

Dodge Challenger dan Playmouth

Muscle car klasik ala Amerika ini dikendarai oleh Michelle Rodriguez atau yang memerankan tokoh kekasih Dom, Letty Ortiz. Pada adegan yang menggunakan Challenger, Ortiz menyelamatkan Brian O'Connor (almarhum Paul Walker), yang loncat dari atas bus.

Letty Ortiz juga mengendarai Plymouth Barracuda 1970, yang pertama kali muncul dalam seri sebelumnya Fast & Furious 6. Mobil klasik Amerika lainnya, Plymouth Road Runner juga tampil di seri ini, dan dikendarai oleh Dom.

The Telegraph Playmouth Road Runner
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com