Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Pasang Target Realistis untuk All-New Navara

Kompas.com - 02/04/2015, 13:11 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

KOMPAS.COM / KRISTIANTO PURNOMO Nissan All-New NP300 Navara high-grade (VL) ditunjukkan saat peluncuran di Gandaria City, Jakarta, Kamis (2/4/2015). Pikap kabin ganda 4WD dengan desain modern ini ditawarkan dalam dua varian, SL dan VL. SL M/T dijual dengan harga Rp 380 juta, sedangkan VL M/T Rp 415 juta dan VL A/T Rp 430 juta.

Jakarta, KompasOtomotif – Dari prediksi beberapa merek pemain segmen komersial, tahun ini sektor batu bara dan perkebunan diprediksi tidak bertumbuh signifikan dari tahun lalu. Masalah ini juga harus dihadapi PT Nissan Motor Indonesia (NMI) sebab pikap kabin ganda terbaru Navara kini lebih serius ditujukan kendaraan fleet perusahaan di segmen komersial.

Presiden Direktur NMI Steve Ardianto membeberkan dua strategi All-New Navara, yaitu menjadi model yang dirancang menjadi yang terlengkap di kelasnya dan model pertama NMI untuk segmen komersial. Lebih detail lagi, All-New Navara punya dua varian, VL untuk mobil penumpang sedangkan SL buat memenuhi kebutuhan bisnis.

KOMPAS.COM / KRISTIANTO PURNOMO General Manager Marketing Strategy and Product Planning PT Nissan Motor Indonesia Budi Nur Mukmin (kiri), Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia Steve Ardianto (tengah), dan Wakil Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia Teddy Irawan saat peluncuran Nissan All-New NP300 Navara di Gandaria City, Jakarta, Kamis (2/4/2015). Pikap kabin ganda 4WD dengan desain modern ini ditawarkan dalam dua varian, SL dan VL. SL M/T dijual dengan harga Rp 380 juta, sedangkan VL M/T Rp 415 juta dan VL A/T Rp 430 juta.

Target total 1.500 unit per tahun, 70 persen dari itu atau sekitar 1.000 unit ditujukan buat komersial. Steve menjelaskan di segmen komersial NMI hanya ingin meraup 10 persen dari total pasar nasional sekitar 10.000 unit per tahun.

“Batu bara memang turun, tapi sektor perkebunan seperti kelapa sawit masih jalan. Saya rasa 10 persen itu masih logis karena kita pemain baru,” ujar Steve saat peluncuran All-New Navara, Kamis (2/4/2015).

KOMPAS.COM / KRISTIANTO PURNOMO Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia Steve Ardianto berbicara saat peluncuran Nissan All-New NP300 Navara di Gandaria City, Jakarta, Kamis (2/4/2015). Pikap kabin ganda 4WD dengan desain modern ini ditawarkan dalam dua varian, SL dan VL. SL M/T dijual dengan harga Rp 380 juta, sedangkan VL M/T Rp 415 juta dan VL A/T Rp 430 juta.

Satu unsur penting di segmen komersial adalah kesiapan aftersales. NMI sudah mempersiapkan berbagai rencana, beberapa yang disebutkan adalah program service contract berupa delegasi teknisi NMI untuk perusahaan pengguna Navara selama perjanjian waktu dan membangun depo suku cadang di berbagai lokasi berdekatan dengan lokasi bisnis.

KOMPAS.COM / KRISTIANTO PURNOMO Interior Nissan All-New NP300 Navara high-grade (VL) ditunjukkan saat peluncuran di Gandaria City, Jakarta, Kamis (2/4/2015). Pikap kabin ganda 4WD dengan desain modern ini ditawarkan dalam dua varian, SL dan VL. SL M/T dijual dengan harga Rp 380 juta, sedangkan VL M/T Rp 415 juta dan VL A/T Rp 430 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com