Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Ikut Uji Teknologi Otonomos

Kompas.com - 01/04/2015, 17:08 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

San Francisco, KompasOtomotif - Honda resmi meluncurkan pengujian teknologi prototipe otonomos di bekas pangkalan militer Perang Dunia ke-2 di Concord Naval Weapons Station, San Francisco Bay Area, Amerika Serikat, Selasa (31/3/2015). Mobil uji adalah Acura RLX yang sudah dimodifikasi sebagai cikal bakal mobil masa depan otonomos.

Bodi sedan RLX telah dilengkapi berbagai sensor dan kamera, fungsinya mengetahui pengembangan apa saja yang dibutuhkan untuk mobil produksi massal yang bisa bergerak sendiri tanpa bantuan pengemudi.

Pengetesan Honda dilakukan di fasilitas baru seluas lebih dari 2.000 hektar yang disebut GoMomentum Station. Lokasi ini dikatakan terbesar di antara lokasi uji lain, termasuk 32 km jalan raya, berbagai bangunan, dan banyak infrastruktur perkotaan.

“Concord Naval Weapons Station adalah lokasi uji ideal untuk usaha kemajuan penelitian dan pengembangan Honda, sebab lingkungannya terbatas dan dapat dimodifikasi mengikuti berbagai setingan mobil otonomos, terutama saat beroperasi di lingkungan urban,” jelas juru bicara dari Honda Research Institute USA Paul Cummings, seperti diberitakan contracostatimes.com.

Honda kini mengikuti dua merek raksasa Jepang lainnya, Toyota dan Nissan yang sudah menguji teknologi otonomos. Kini tekanan datang untuk kubu Jerman, beberapa merek juga sedang berusaha mengejar tujuan yang sama, yaitu memiliki setingan terbaik untuk mobil produksi otonomos.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com