Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Sulit, Nissan Pastikan Ikut Dua Pameran Otomotif

Kompas.com - 01/04/2015, 09:40 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Dompu, KompasOtomotif – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menyatakan sebelumya bakal merapat ke dua pameran otomotif besar di Indonesia tahun ini. Peluang ada karena kedua ajang bertaraf internasional ini dirasa punya pasar sendiri, namun yang disesalkan mengapa jadwal penyelanggaraannya bersamaan.

Indonesia International Motor Show (IIMS) bersama Dyandra Promosindo telah lama dikenal sebagai cerminan pameran otomotif akbar di Indonesia. Nama besarnya sudah melekat di masyarakat, NMI mengatakan pasarnya untuk wilayah Jakarta sebab dihelat di JiExpo Kemayoran. Sementara itu pameran baru oleh Gaikindo punya segmentasi berbeda sebab lokasi yang dipilih di wilayah Tangerang Selatan.

“Nissan dengan segala keterbatasannya berpartisipasi di keduanya. Sebenarnya kami tidak puas dengan kondisi pameran yang berlangsung bersamaan, seharusnya semua pihak terkait motor show perlu membicarakan hal ini,” ujar Budi Nur Mukmin, General Manager Marketing Strategy and Communication Division NMI, beberapa waktu lalu.

Kesulitan

Dicontohkan, Thailand dan Jepang punya dua pameran otomotif besar, namun sinkronisasi keduanya dipisahkan waktu hitungan bulan. “Sebagai ATPM, kalau lebih dari satu kita senang karena ada peluang bisnis, tapi yang membuat Nissan tidak puas kenapa harus berbarengan,” sesal Budi.

Masalah terbesar tentu dana, sebab dari pengalaman pameran ada additional cost yang juga harus dikeluarkan. Namun Budi menyebut tidak hanya itu, kendala lain adalah manpower yang harus terbagi dua. Selain membuka booth Nissan, NMI juga turut membawa Datsun di kedua pameran.

Selain NMI, beberapa merek yang kemungkinan mengalami kesulitan yang sama adalah Ford Motor Indonesia, Garansindo Inter Global dengan delapan merek dan Hyundai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com