Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ferrari Akhiri Puasa Juara, Asapi Mercedes-Benz di Sepang

Kompas.com - 29/03/2015, 17:36 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sepang, KompasOtomotif – Akhirnya Ferrari kembali masuk di lingkaran juara setelah ”puasa” podium pertama sekitar dua tahun. Sebastian Vettel berhasil mengunci kemenangan di GP Malaysia, Minggu (29/3/2015), di Sepang International Circuit, melibas duet Mercedes-Benz Lewis Hamilton dan Nico Rosberg yang finish di pos kedua dan ketiga.

Hasil manis itu berarti mengakhiri mimpi buruk Ferrari sejak menang terakhir di GP Spanyol 2013 bersama Fernando Alonso. Setelahnya, alih-alih meraih juara, untuk menginjak podium terasa sangat berat. Apalagi, setelah F1 berubah regulasi mesin hingga sekarang.

Untuk Vettel, hasil ini juga melengkapi puasa podium pertama yang terakhir diraihnya saat membela Red Bull-Renault pada GP Brasil 2013. Pada balapan pertama di Australia minggu lalu, pebalap Jerman itu berhasil naik podium ketiga.

The Guardian Pebalap Ferrari Sebastian Vettel di GP Malaysia, Sepang
Impresif

Vettel menjadi pemenang setelah start dari posisi kedua di bawah Hamilton. Sepanjang balapan, pebalap yang kerap disebut sebagai pengganti Michael Schumacher itu tidak melakukan kesalahan, didukung dengan strategi dua pit stop Ferrari yang ternyata lebih tepat. Dirinya berhasil menghadang Rosberg yang berusaha menyusul sejak awal.

Di awal balapan ini pula, Vettel mampu mendahului Hamilton, lalu mempertahankan posisinya hingga akhir balapan. Waktu yang dilahap dalam balapan ini hingga 56 putaran adalah 1:41:05,793.

Nasib buruk dialami duo McLaren. Fernando Alonso harus keluar dari sirkuit pada lap ke-21 karena mobilnya kehilangan tenaga.

Sementara itu, hasil mengecewakan diraih Fernando Alonso yang berambisi meraih juara. Di seri pertama di Australia, pembalap Spanyol itu absen karena menjalani pemulihan setelah kecelakaan pada tes pramusim di Barcelona.

Hasil lengkap GP Malaysia 2015:
1. Sebastian Vettel Ferrari 56 lap 1hr 41m 05.793s
2. Lewis Hamilton Mercedes +8.5s
3. Nico Rosberg Mercedes 12.3s
4. Kimi Raikkonen Ferrari +53.8s
5. Valtteri Bottas Williams +1m10.4s
6. Felipe Massa Williams-Mercedes +1m13.5s
7. Max Verstappen Toro Rosso-Renault +1m 39.0s
8. Carlos Sainz Jr Toro Rosso-Renault    +1 lap
9. Daniil Kvyat Red Bull +1 lap
10. Daniel Ricciardo Red Bull+1 lap
11. Romain Grosjean Lotus    +1 lap
12. Felipe Nasr Sauber-Ferrari +1 lap
13. Sergio Perez Force India +1 lap
14. Nico Hulkenberg Force India +1 lap
15. Roberto Merhi Ferrari+3 laps

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com