Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan All-New Navara, Sang "Penakluk" Gunung Tambora

Kompas.com - 27/03/2015, 19:10 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Generasi terbaru NP300 Navara punya gelar baru, sebagai pikap kabin ganda 4WD bertransmisi otomatis pertama yang sanggup menanjaki Gunung Tambora, Dompu, Nusa Tenggara Barat. Pencapaian ini baru saja dilakukan dalam rangkaian kegiatan Ekspedisi Alam Liar di Tambora pada 18–25 Maret 2015.

Tambora merupakan gunung berapi yang pernah meletus 200 tahun lalu. Letusannya sangat dahsyat, dikatakan 1.000 kali lebih kuat dari "kemarahan” Gunung Merapi.

Memang, kondisi alam menuju puncak sangat menantang, sudut pendakian sampai 45 derajat dengan kontur jalan berbatu dan tanah berpasir. Lebih ekstrem lagi karena perjalanan ditempuh di musim hujan saat tanah melunak dan menjadikannya lebih sulit dipijak.

Budi Nur Mukmin Nissan All-New NP300 Navara harus menggunakan jalur baru yang belum pernah dilewati siapapun di

Navara terbukti tangguh, bukan menantang, tapi melebur dengan alam Tambora. Unit yang kami gunakan sama sekali tidak dimodifikasi, semua standar pabrikan dan masih segar dari dealer, termasuk pilihan ban. Pengalaman itu menjadi bukti, Navara terbaru bisa beraksi di medan off-road ekstrem tanpa kehilangan rasa mobil penumpang.

Fitur Canggih
Fitur hill start assist yang membuat bodi mobil diam di tempat saat "hidung” menghadap ke atas sangat membantu, sebab membuat kaki tidak perlu repot menginjak pedal rem. Begitu pula dengan hill descent control, menolong mempertahankan kestabilan cengkram ban saat turunan curam.

Budi Nur Mukmin Nissan All-New NP300 Navara melewati habitat asli kerbau di savana Gunung Tambora.

Kombinasi sistem gerak 4LO (low gear), tenaga 190 PS, dan torsi 450 Nm, sanggup membawa seluruh badan Navara sampai ke titik tertinggi. NMI mengklaim tenaga All-New Navara terbesar di kelasnya, inilah yang menjadi modal penting di tipikal perjalanan ini.

Ekspedisi Alam Liar Tambora dimulai dari kota Mataram, Lombok, lalu menyebrangi selat alas menuju Dompu di Pulau Sumbawa, kemudian kembali ke titik awal. Total jarak perjalanan lebih dari 1.300 km, alam Tambora menjadi target destinasi.

"Kami percaya bahwa kesuksesan All-New NP300 Navara menaklukkan Gunung Tambora adalah bukti nyata ketangguhan performa dari mobil ini. Untuk mengetahui lebih detail mengenai All New NP300 Navara, tunggu saja peluncurannya di Indonesia pekan depan,” ujar  Budi Nur Mukmin, General Manager Marketing Strategy & Product Planning NMI, dalam keterangan resminya, Jumat (27/3/2015).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com