Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Kendurkan Target untuk Alphard Terbaru

Kompas.com - 27/03/2015, 14:02 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — PT Toyota Astra Motor (TAM) mengaku tak muluk-muluk dengan target penjualan tahun ini, termasuk MPV premium Alphard-Vellfire. Menurunnya pasar mobil secara umum, ditambah geliat nilai tukar rupiah terhadap dollar AS yang naik-turun, membuat Toyota agak konservatif.

"Tahun ini kami menargetkan penjualan sama seperti tahun lalu untuk MPV premium, berkisar 150-200 unit per bulan," jelas Suparno Djasmin, Wakil Presiden Direktur TAM, di sela peluncuran hari ini, Jumat (27/3/2015).

Dalam tiga tahun terakhir (2012-2014), Toyota mengaku sudah berhasil menjual Alphard hingga 4.893 unit atau menguasai pangsa pasar MPV premium mencapai 83,1 persen. Sementara tahun lalu, penjualan Alphard tercatat 1.148 unit, menguasai 86,2 persen pasar di segmennya.

Jumlah target yang ditetapkan TAM terbilang merendah. Pasalnya, tahun lalu Toyota hanya memasarkan Alphard. Sedangkan mulai tahun ini, Vellfire juga dipasarkan. Sebelumnya, "saudara sepupu" Alphard yang berdesain lebih sporty itu dipasok oleh importir umum.

"Keputusan kami memasarkan Vellfire karena masukan konsumen dan rekan media, melihat ada permintaan, makanya kami masukkan," beber pria yang akrab dipanggil Abong ini.

Toyota melepas Alphard dalam tiga varian berbeda, yaitu 2.5 X, 2.5 G, dan 3.5 Q. Sedangkan Vellfire hanya ada satu pilihan tipe, yaitu 2.5 G.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com