Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Test Drive All-New NP300 Navara

Suspensi All-New Navara untuk Dua Alam

Kompas.com - 27/03/2015, 09:40 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Dompu, KompasOtomotif – Nissan Motor Indonesia (NMI) memastikan All-New NP300 Navara untuk Indonesia menggunakan suspensi berbeda dengan versi Thailand. Saat satu unit Navara terbaru yang KompasOtomotif temui pertama kali di Mataram, Nusa Tenggara Barat, (17/3/2015), menggunakan suspensi belakang tipe multilink.

Penggunaan suspensi belakang multilink sesuai pernyataan Yousuke Koike, Noise and Vibration Performance Light Truck Nissan Motor Company, saat media test drive NP300 Navara di Thailand, pertengahan tahun lalu.

Koike menyebutkan untuk beberapa pasar termasuk Indonesia, generasi terbaru Navara dilengkapi suspensi belakang multi 5-link mengganti tipe per daun yang digunakan di Thailand. Perubahan itu dilakukan untuk mengejar pengendalian dan stabilitas lebih mantap dibanding kompetitor.

Budi Nur Mukmin, General Manager Marketing Strategy and Communication Division NMI menjelaskan, target konsumen All-New Navara di Indonesia kini ada dua, yakni di segmen mobil penumpang dan mobil komersial. Pilihan suspensi itu dilandasi untuk kenyamanan konsumen, meski punya bodi pikap kabin ganda pemilik Navara terbaru bakal merasakan kelebihan SUV.

“Intinya kita berusaha memberikan kenyamanan lebih dengan suspensi baru. Tapi kita percaya meski ini bukan leaf spring, konsumen fleet (komersial) tetap bisa menggunakannya dengan normal. Maksudnya tidak ada penurunan durabilty karena selama ini orang berpikir per daun lebih kuat,” beber Budi.

KompasOtomotif membuktikannya sendiri, dengan suspensi baru itu kenyamanan Navara jauh lebih baik. Tidak hanya untuk kondisi aspal perkotaan tapi Navara juga sanggup melintasi medan off-road kelas ekstrem di “punggung” Gunung Tambora.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com