Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobilio dan HR-V Jadi Idola Honda di Jabar

Kompas.com - 24/03/2015, 13:59 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

Bandung, KompasOtomotif - Pasar industri otomotif di Indonesia khususnya Jawa Barat menurun pada tiga bulan pertama 2015 ini. Meski demikian, penjualan mobil Honda naik 17,3 persen.

"Kebetulan saya tidak memegang data pastinya. Tapi selama Januari-Februari 2015, pasar di Jabar untuk semua merek turun sekitar 5 persen. Namun penjualan Honda naik 17,3 persen," ujar Manajer Operasional PT Honda Bandung Center (HBC), main dealer Honda di Jabar-Serang, Junianto Naibaho kepada wartawan, Selasa (24/3/2015).

Junianto juga menuturkan, dibanding Januari-Februari 2014, penjualan Honda di Jabar naik sekitar 58 persen. Penopang utama dari kenaikan tersebut adalah Mobilio, HR-V, Brio, dan Jazz.

"HRV menjadi primadona baru, tapi masih berada di urutan kedua setelah Mobilio. Kalau di nasional sendiri, sudah menjadi unggulan pertama," tuturnya.

Di Jabar, penjualan HR-V Januari-Februari 2015 663 unit. Bahkan di Maret 2015 ini pihaknya menargetkan penjualan hingga 650 unit. Namun saat ini, sambung Junianto, penjualan HR-V tidak dilakukan secara terbuka. Pihaknya lebih banyak menunggu karena keterbatasan pasokan.

"Pasokan masih terbatas. Kita berebut untuk dapetin HR-V. Makanya saya bilang ke marketing, stop penjualan HR-V, kita tunggu bola saja," ungkapnya. Penjualan SUV bawah tersebut akan dilakukan agresif setelah pasokan tersedia. Sebab saat ini, untuk beberapa tipe harus inden hingga 2 bulan. Diperkirakan pasokan baru normal pada pertengahan tahun.

Sementara itu, Direktur Penjualan dan Layanan Purna Jual Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy menyatakan, penjualan HRV fenomenal. "Target penjualan HR-V tahun ini 24.000 unit, tapi sampai pertengahan Maret ini yang mem-booking mencapai 20.000 unit. Dan yang baru terkirim Januari-Februari sebanyak 7.000 unit, dan Maret ditargetkan 4.000 unit," beber Jonfis.

Tingginya animo masyarakat membuat HR-V menjadi pemimpin di kelas LSUV dengan market share 55 persen. Untuk memenuhi permintaan yang makin menggila, HPM akan meningkatkan produksi menjadi 5.000 unit per bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com