Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Ertiga Bekas Juga Mulai Dicari

Kompas.com - 17/03/2015, 08:19 WIB
Jakarta, KompasOtomotif — Kebutuhan masyarakat akan kendaraan roda empat masih terbilang tinggi meskipun penjualan mobil baru dikatakan melemah pada awal tahun ini. Namun, pasar mobil bekas seolah tidak terpengaruh dengan penurunan daya beli konsumen terhadap mobil baru.

Senior Manajer WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih, menjelaskan, penurunan penjualan mobil baru tidak serta-merta berpengaruh pada penurunan mobil bekas. Dia menjelaskan, pasar dua sektor ini berbeda dan mobil bekas lebih cenderung kepada kebutuhan konsumen yang memerlukan kendaraan.

"Mobil bekas masih bisa dikatakan tidak terlalu anjlok, jenis MPV dan city car masih tetap tinggi. MPV awalnya dikuasai Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, kini sudah mulai ramai diisi oleh Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga. Perputarannya cukup cepat," kata Herjanto saat berbincang dengan KompasOtomotif beberapa waktu lalu.

Ertiga dan Mobilio termasuk salah satu MPV bekas yang cukup diminati konsumen. Perputaran dua model ini dianggap sudah bisa menyaingi duo Avanza dan Xenia di segmen mobil multiguna bawah. Tipe yang diminati juga beragam dengan banyaknya tipe buat Ertiga, mulai dari transmisi manual sampai ke matic.

"Kecenderungan pasar mobil bekas sepertinya memang sudah cukup jenuh dengan Avanza dan Xenia, jadi wajar bila mulai bergeser ke model MPV lainnya. Harga yang ditawarkan juga variatif, tergantung kondisi, berkisar mulai Rp 130 juta sampai Rp 160 jutaan," tutup Herjanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com