Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Toyota Jadi Kendaraan Resmi Olimpiade

Kompas.com - 16/03/2015, 16:25 WIB
Tokyo, KompasOtomotif  Toyota baru saja melakukan penandatanganan kerja sama dengan  International Olympic Committee (IOC). Bentuk kerja sama tersebut menyebutkan bahwa Toyota akan menjadi sponsor utama Olimpiade 2020 sampai Olimpiade 2024 mendatang.

Sebagai bagian dari kesepakatan, akan diadakan program Olympic Partner yang isinya semua kegiatan olimpiade akan secara eksklusif menggunakan kendaraan Toyota, baik mobil penumpang maupun kendaraan komersial. Selain itu, Toyota juga akan memegang hak olimpiade untuk sistem pendukung transportasi dan dukungan mobilitas produk tertentu.

"Kami akan melakukan segala kemungkinan untuk memenuhi peran baru dalam program Olympic Partner. Kami mengemban kepercayaan IOC yang akan menggunakan produk-produk Toyota," kata Presiden Toyota Akio Toyoda, seperti dilansir Worldcarfans, Senin (16/3/2015).

"Penggunaan mobil Toyota pada ajang olimpiade merupakan pengakuan penting bagi seluruh industri kami. Di bawah bendera olimpiade ini, mari kita menegaskan kembali kekuatan olahraga untuk menyatukan semua orang," lanjut Toyoda.

Toyota sebagai sponsor olimpiade akan segera berlaku di Jepang mulai 2016 mendatang. Hak Toyota akan diperpanjang secara global pada 2017. Hanya saja, Toyota belum menjadi sponsor pada Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil 2016, karena saat itu belum masuk dalam rencana kerja sama. Kesepakatan Toyota dan IOC akan dimulai pada Olimpiade 2020 di Tokyo.

Tidak diketahui berapa nilai kerja sama antara Toyota dan IOC. Namun, sumber di Jepang melaporkan bahwa pabrikan raksasa asal Jepang ini menggelontorkan dana sebesar 835 juta dollar AS. Sebelumnya, belum pernah ada produsen mobil yang menjadi sponsor olimpiade.

Secara terpisah, Pemerintah Jepang telah mengumumkan rencana untuk menggunakan 6.000 mobil berbahan bakar hidrogen di Olimpiade Tokyo 2020 mendatang. Berarti, Toyota Mirai akan menjadi salah satu model yang digunakan di olimpiade.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com