Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia di Balik Melesatnya Ducati Desmosedici GP15

Kompas.com - 16/03/2015, 11:54 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Doha, KompasOtomotif – Performa Ducati MotoGP mendadak gemilang. Dalam tes pra musim yang diselenggarakan di Sirkuit Losail, Qatar, Sabtu-Minggu (14-15 Maret 2015), ”duo Andrea” (Dovizioso dan Iannone) mendominasi.

Catatan waktu terakhir, Dovi mengasapi Marquez dari Repsol Honda yang bersusah-payah meraih pos kedua dengan beda waktu 0,184 detik. Sementara Iannone ada di pos ketiga dengan beda waktu 0,197 detik dari Dovi, atau selisih 0,013 detik dari Marquez!

Banyak ulasan, rahasia kecepatan ada Desmosedici GP15. Di hari terakhir uji coba, tim menerjunkan sepeda motor baru itu tanpa mengambil keuntungan bahwa tahun ini Ducati masih boleh menggunakan ban lunak. Selama uji coba, tipe ban yang dipilih adalah ”hard” (sama seperti tim pabrikan lain), dan ternyata cepat.

Ducati via akun Twitter @Ducatimotor Andrea Dovizioso memamerkan fairing GP15 yang sudah dilengkapi sayap kecil.

Sayap

Satu lagi yang menjadi bahan pembicaraan, bahwa GP15 menggunakan semacam sayap pada fairing (banyak yang menyebut winglets). Peranti ini mengulang kembali apa yang dilakukan Ducati pada 2010 saat Stoner juga pernah memakainya.

Belum ada penjelasan resmi soal sayap ini, namun diyakini, peranti ini sangat berguna di segala situasi. Logikanya, adanya sayap ini akan menahan angin yang akan melintasi fairing dengan arah ke bawah. Alhasil, donwforce (daya dorong ke bawah dari aerodinamika) bertambah dan menambah kestabilan, terutama saat keluar dari tikungan.

Dengan bertambahnya downforce, saat keluar dari tikungan dengan kecepatan tinggi, diharapkan sepeda motor tidak wheelie (ban depan terangkat) yang berimbas hilangnya waktu sepersekian detik karena daya cengkeram ban berkurang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com