Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahalnya Biaya Parkir Mobil di Turin

Kompas.com - 16/03/2015, 09:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Turin, KompasOtomotif - Bagi pengemudi mobil, parkir merupakan lokasi wajib yang dikuasai jika akan berkunjung ke suatu tempat. Di Ibu Kota Jakarta, lokasi peristirahatan mobil ini masih relatif mudah ditemui, meskipun ada harga sebanding yang harus dikeluarkan. Tapi, berbeda halnya jika Anda lagi berkunjung ke kota Turin, Italia.

Di kota terbesar ketiga Italia ini, begitu sulit mencari parkir di pinggir jalan. KompasOtomotif mendapat pengalaman ini ketika diajak berkunjung ke tanah kelahiran Fiat itu oleh PT Garansindo Inter Global, pekan lalu (9-12/3/2015). Jalan di Turin memang lengang, jika dibandingkan Jakarta, tapi di setiap sudut jalan, dipenuhi dengan jejeran mobil terparkir pararel.

Rombongan hendak makan malam di salah satu restoran khas Italia di DieciCento, tepatnya di Jalan Antonio Giuseppe Bertola, di pusat Turin. Jam menunjukan pukul 20.00 waktu setempat, suasana jalan sudah gelap. Mengendarai Lancia Voyager (Chrysler Voyager) dengan badan bongsor membuat kami begitu kesulitan mencari ruang parkir di pinggir jalan, malam itu.

Agung Kurniawan Salah satu toserba di Turin, Italia.

Kami harus berputar-putar di beberapa blok dari lokasi restoran sampai hampir satu jam untuk memperoleh ruang parkir. Begitu ada ruang parkir, jaraknya juga sangat kecil, karena bisa dibilang mayoritas mobil-mobil yang lalu-lalang di Turin, ini berukuran kompak. Butuh keahlian manuver apik untuk bisa mengistirahatkan MPV 6-penumpang ini di sisi jalan Turin.

Parkir di pinggir jalan ini gratis, alias tidak kena biaya. Tapi, wajib dalam zona biru (tanda kotak biru di aspal), jika Anda parkir di luar zona biru, siap-siap menerima denda yang bisa bikin geleng-geleng kepala.

Mahal

Pada kesempatan lain, kami berkunjung ke Eataly Torino Lingoto, Jalan Nizza, Turin. Toko serba ada ini berdiri di sebelah plataran parkir umum. Parkiran ini terbilang luas, bisa menampung mobil sampai ratusan unit dan relatif mudah untuk mencari ruang kosong.

Wisnu Guntoro Mayoritas di dominasi mobil kompak.

Tapi, kalau Anda menganggap harga parkir Rp 3.000-5.000 per jam di Jakarta mahal, maka sebaiknya jangan parkir mobil di tempat ini. Sekali parkir biayanya cukup mahal, antara 0,65-2 euro (Rp 8.900 - Rp 27.600 per jam.

Untuk lokasi-lokasi yang ramai pengunjung, seperti Serravalle Designer Outlet, di luar Turin dekat Genoa, mencari parkir cukup sulit. Tapi, ada layanan parkir khusus yang punya slot tepat di depan pintu masuk "Factory Outlet" ini, dengan menebus biaya 100 euro (Rp 1,3 juta) sekali bayar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com