Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raja Bebek 150 Lahir, Jupiter MX 135 "Disuntik Mati"

Kompas.com - 13/03/2015, 07:40 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bogor, KompasOtomotif – Yamaha Indonesia meluncurkan MX King dan Jupiter MX 150, Kamis (12/3/2015), di Sirkuit Go-Kart Sentul, Bogor. Kehadiran ”Sang Raja” ini harus memakan korban. Generasi sebelumnya yang akrab disebut Jupiter MX 135 akhirnya "disuntik mati".

”Dengan hadirnya Yamaha MX King dan Jupiter MX 150, otomatis kami menghentikan produksi Jupiter MX 135. Model terbaru ini akan hadir sebagai generasi ketiga sejak muncul pertama kali pada 2005,” ucap Dyonisius Beti, Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manucafturing dalam konferensi pers.

Bisa dikatakan bahwa jika ada Jupiter MX 135 di dealer, berarti hanya sebatas stok atau barang produksi terakhir. Yamaha sudah mulai memproduksi generasi baru di pabrik Pulogadung, Jakarta Timur, 21.000 unit sebulan, yang terdiri dari MX King 15.000 unit serta Jupiter MX 150 6.000 unit.

Tuas kopling

Menariknya, tak ada lagi keistimewaan yang didapat Jupiter MX 135 pada generasi baru 150cc. Kini Yamaha Indonesia tak menyediakan versi tanpa tuas kopling tangan. Semua spesifikasi teknis sama antara MX King dan MX 150, termasuk penggunaan tuas kopling tangan. Bedanya pemakaian kosmetik dan kelengkapan fitur.

Meski sudah tak diproduksi, Yamaha Indonesia menjamin ketersediaan suku cadang dalam jangka waktu tertentu. Radityo Andi Darma, Supervisor Brand and Product Strategic Yamaha Indonesia bahkan mengatakan jika suku cadang akan disiapkan sampai 10 tahun sejak sepeda motor tak lagi diproduksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com