Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Tampilkan SUV Hijau Jilid Dua di Geneva

Kompas.com - 26/02/2015, 08:03 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Geneva, KompasOtomotif - Mitsubishi siap memamerkan sekuel konsep XR-PHEV yang sempat mendebut di Tokyo Motor Show, November 2013 lalu. SUV kompak diberi nama "Concept XR-PHEV II" akan menjadi cikal bakal produk baru Mitsubishi berteknologi hibrida plug-in.

Konsep ini, dilansir Carscoop (25/2/2015) diperkirakan akan menjadi model kedua Mitsubishi yang dibekali teknologi hibrida plug-in setelah Outlander PHEV. Mitsubishi membekalinya dengan mesin dengan sistem penggerak depan, ditargetkan punya emisi gas buang di bawah 40 gram per km.

Meski ramah lingkungan, SUV kompak ini tetap bertenaga karena mengandalkan tambahan tenaga dari motor listrik berkekuatan 120 kW (163 PS). Sistem hibrida ini juga mengandalkan mesin berteknologi MIVEC dan generator yang semuanya tersimpan di dalam kap mesin. Mitsubishi juga menciptakan rekayasa sistem baru sehingga menghasilkan tenaga dan torsi yang melimpah.

Mitsubishi/Carscoop Desain belakang mendapat ubahan cukup signifikan dari konsep sebelumnya.

Mitsubishi menyatakan, sistem PHEV andalannya lebih mengutamakan listrik sebagai pemasok utama tenaga. Jadi, mesin konvensional diposisikan hanya sebagai penyuplai tenaga pada generator yang mengasilkan listrik tambahan jika dibutuhkan. Sistem ini mampu mengalihkan tenaga dari baterai menjadi generator ketika dibutuhkan.

Dari segi desain, sepertinya ada ubahan cukup signifikan dari konsep sebelumnya (versi 2013). Mulai dari eksterior, terutama bagian buritan, ubahan interior juga menjadi salah satu fokus utama Mitsubishi pada Concept XR-PHEV II. Sosok konsep kedua ini diprediksi semakin mirip dengan versi produksi massalnya nanti.

Mitsubishi/Carscoop Desain interior diprediksi akan semakin mirip dengan versi produksi massal.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com