Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SUV dan Banjir Jadi "Penyelamat" Pasar Mobil Bekas

Kompas.com - 23/02/2015, 11:20 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – “Habis gelap terbitlah terang”. Kalimat itu mungkin cocok menggambarkan kondisi penjualan mobil pada Februari. Banjir setelah hujan deras beberapa hari di Jakarta dan sekitarnya pada awal bulan ternyata punya berkah tersendiri.

Salah satu bursa mobkas besar di Jakarta, WTC Mangga Dua, mengatakan minat beli memang menurun pada Februari karena banjir. Total penjualan bulanan diprediksi tidak sebagus awal tahun. Meski begitu banjir menciptakan tren baru.

Mirip fenomena pada mobil baru, Herjanto Kosasih, Manajer Senior Pemasaran WTC Mangga Dua menjelaskan penjualan mobkas SUV meningkat. “Hitungannya bukan dari jumlah unit tapi rotasi. Biasanya SUV butuh waktu sekitar dua minggu, sekarang dua atau tiga hari sudah laku,” kata Herjanto yang dihubungi KompasOtomotif via telepon, Senin (23/2/2015).

Jenis yang digemari Fortuner, CR-V, Pajero Sport, tapi sebenarnya mobil dengan ground clearance tinggi juga diburu, misalnya Innova. Tren ini bersama momen Imlek dikatakan membantu pedagang menopang penjualan, pasalnya pasca banjir penjualan mobkas cenderung turun.

“Januari kita bagus, penjualan 2.400 unit padahal target kita 2.300 unit. Tapi Februari “diguyur” hujan, turun lagi mungkin gak sampai 2.000 unit. Sekarang per hari ini baru 1.600 unit,” jelas Herjanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com