Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin Boxer Subaru Tembus Angka 1,5 Juta Unit

Kompas.com - 20/02/2015, 09:40 WIB
Tokyo, KompasOtomotif - Produsen asal Jepang, Subaru, mencapai tonggak bersejarah untuk salah satu warisan terbesarnya, mesin Boxer. Subaru telah mencapai angka produksi mesin Boxer sebesar 1,5 juta unit dalam kurun 49 tahun.

Subaru sendiri bisa dibilang paling dikenal dengan sistem Symmetrical All-Wheel Drive. Tapi, rangkaian istimewa dari mesin Boxer adalah ciri lain merek Subaru. Boxer diperkenalkan Subaru pertama kali pada tahun 1966 dan sampai saat ini Subaru masih mempertahankan teknologi mesin tersebut.

Tidak seperti desain mesin silinder segaris atau mesin V, tata letak Boxer menggunakan setup silinder horizontal yang berlawanan. Desain unik ini memungkinkan mesin bisa beroperasi dengan halus. Mesin juga ditempatkan pada posisi lebih rendah untuk menghasilkan sebuah pusat keseluruhan gravitasi yang rendah.

Mesin Boxer Subaru juga digunakan beberapa mobil dari merek lain. Berkat kerja sama dengan Toyota, Boxer 2,0 liter dipakai di  GT86 serta Scion FR-S. Selain itu, Porsche juga memanfaatkannya buat model 911, Boxster dan Cayman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com