Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detail Interior, Fitur dan Dimensi Hyundai Tucson

Kompas.com - 19/02/2015, 10:30 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Geneva, KompasOtomotif - Sebelumnya sudah ditampilkan beberapa gambar dari Hyundai Tucson versi terbaru. Sebagai lanjutan, kini ada penjelasan yang lebih detail mengenai konsep ubahan mayor (major change) daru Tucson. Penampilan baru Tucson atau di Eropa disebut ix35 ini, terlihat apik, "chic", dan lebih cantik dibandingkan model sebelumnya.

Schreyer, Kepada Desain Grup Hyundai Motor menggambarkan desain Tucson baru dalam dua kata, "bold dan athletic". Ubahan SUV menengah ini terbilang menyeluruh, hampir sekujur bodinya mengalami pembaruan tampilan.

"Generasi baru Tucson menawarkan kesan berbobot dan atletis dengan permukaan yang mengalir, proporsi penuh, garis tajam, dan terpenting, generasi baru desain gril heksagonal," beber Schreyer, dilansir Carscoop (17/2/2015).

Hyundai/Carscoop Interior Tucson menawarkan beberapa fitur baru.

Interior dan fitur

Di bagian interior, Hyundai mengklaim mampu menawarkan ruang lebih lapang dan peningkatan kualitas pada beberapa bagian tertentu. Berbagai kelengkapan fitur baru, seperti penghangat dan sirkulasi dua jok depan dan sistem navigasi baru yang juga diklaim lebih cepat tiga kali dari versi sebelumnya.

Pintu belakang kini juga ditawarkan dalam opsi khusus, bisa terbuka ketika sensor didekatkan. Sistem parkir pintar (Smart Parking Assist System) memungkinkan wanita yang kerap kesulitan mengistirahatkan mobilnya di ruang terbatas. Juga dilengkapi sistem darurat pengereman otomatis (Autonomous Emergency Braking System).

Sistem ini punya tiga pilihan aktivasi, mulai dari pejalan kaki, kota, dan di dalam pedesaan. Juga ada penenetap jalur, sistem pemantau lalu lintas di belakang kendaraan dan deteksi kendaraan lain pada blind spot spion.

Dimensi

Dimensi Tucson baru ini, sedikit lebih panjang ketimbang model sebelumnya. Panjang bodinya mencapai 4.475 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.645 mm. Tucson baru punya bodi 65 mm lebih panjang dan lebih lebar 30 mm dari sebelumnya. Jarak sumbu rodanya juga lebih panjang 30 mm, menjadi 2.670 mm. Justru, daya muat bagasi SUV ini kurangi menjadi 513 liter dan dari sebelumnya 519 liter dalam kondisi jok belakang ditekuk.

Hyundai/Carscoop Ubahan bodi sifatnya menyeluruh dari model lawas.

Mesin

Hyundai melepas Tucson baru dengan enam pilihan jantung pacu baru, dua mesin bensin, 1.6 liter GDI masing-masing bertenaga 133 tk. 1.6 liter turbo T-GDI, 174 tk, dan tiga pilihan diesel, 1.7 liter (113 tk), 2.0 liter (134 tk), dan 2.0 liter (181 tk).

Semua mesin ditawarkan dalam opsi transmisi manual 6-percepatan. Sedangkan untuk tipe 1.6 liter turbo bensin, juga ada opsi transmisi 7-percepatan otomatis, kopling ganda dan varian 2.0 liter diesel dengan 6-percepatan otomatis. Sistem penggeraknya, ada yang dua roda depan, juga ada seluruh roda (all-wheel drive).

Hyundai mulai memamerkan Tucson baru di Geneva Motor Show, awal Maret 2015. SUV menengah ini mulai dirakit di pabrik Hyunda di Republik Ceko dan mulai dijual ke Eropa, paruh kedua 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com