Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impresi Awal Tunggangi Yamaha NMAX, Positif!

Kompas.com - 17/02/2015, 19:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bogor, KompasOtomotif — Yamaha Indonesia dengan optimistis menurunkan senjata baru di awal tahun, skuter matik berbodi lebar NMAX. Model ini langsung head to head dengan Honda PCX 150, tetapi ditawarkan dengan harga jauh lebih murah, yaitu dengan margin mencapai Rp 12,4 juta, juga dengan spesifikasi yang berbeda.

Tentu yang bikin penasaran adalah rasa menungganginya. Beberapa saat sebelum peluncuran, Yamaha Indonesia memberi kesempatan wartawan untuk menjajalnya di Sirkuit Sentul, belum lama ini, selama beberapa putaran. Sesi yang cukup untuk mengeksplor sekilas kelebihan dan rasa menungganginya.

Kesan pertama duduk sangat nyaman, khas skuter bongsor dengan jok lebar nan empuk dan posisi duduk ergonomis. Dengan tinggi badan wartawan KompasOtomotif 171 cm, telapak kaki menapak sempurna di tanah. Jarak jok dengan setang juga ideal, menjanjikan riding yang tak melelahkan.

Pijakan kaki ada dua pilihan, mengendarai normal, atau comfort riding dengan pijakan di tameng depan agar kaki bisa sedikit selonjor. Di sini tampak bahwa skutik model seperti ini sangat mengutamakan kenyamanan pengendara.

Pegangan untuk tangan juga cukup nyaman, dipadu dengan panel meter berbentuk bulat yang mudah dilihat. Berbagai informasi disajikan, mulai dari konsumsi bahan bakar real time dan konsumsi bahan bakar rata-rata, Oil Trip Meter untuk menunjukkan jarak yang telah dicapai, hingga V-Belt Trip yang berfungsi menginformasikan jarak pemakaian V-Belt CVT.

Kenyamanan yang senada juga didapat oleh penumpang (boncenger). Posisi duduk nyaman, sedikit lebih tinggi dari pengendara, dengan pijakan kaki yang pas. Komponen karet untuk pijakan kaki cukup lebar membuat kemungkinan kaki selip cukup kecil.

Untuk pengendara wanita, tak perlu khawatir beban sepeda motor yang berat. Yamaha membuatnya lebih ringan dengan berbagai komponen khusus. Bahkan sangat ringan untuk mendirikan sepeda motor dengan standar tengah. Hal ini juga berlaku untuk pengendara yang tak terlalu tinggi.

Kesan pertama cukup impresif. KompasOtomotif akan membeberkan performa saat melaju dalam artikel selanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com