Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Comuta "Kakeknya" Mobil Listrik

Kompas.com - 17/02/2015, 14:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Dearborn, KompasOtomotif - Gema mobil bertenaga listrik murni sepertinya baru membahana dalam beberapa tahun terakhir. Apalagi, Nissan mulai menjual mobil listrik Leaf secara massal pertama di dunia atau karena Tesla semakin "happening" di kalangan aktor dan aktris Hollywood, jadi semakin diperhatikan dunia.

Sebenarnya, teknologi mobil listrik itu sudah ada dari era 1960an, tapi perkembangannya tidak mendapat respons bagus oleh masyarakat. Buktinya, Ford pernah memperkenalkan Comuta, mobil kompak dua penumpang berteknologi listrik murni pada 1967.

Mobil ini merupakan prototipe, dibekali empat baterai bertegangan 12 volt, mampu menggerakkan Comuta sejauh 60 km dengan rata-rata kecepatan 40 kpj sekali pakai. Bisa juga diajak ngebut sampai 60 kpj.

Meskipun masih berupa konsep, namun keberadaan Comuta merupakan bukti otentik kalau teknologi mobil listrik bukan barang baru. Kini, sejumlah pabrikan otomotif masih berupaya menjadikan teknologi itu terbukti dan bisa diandalkan.

Uniknya, ada kutipan Leonard Crossland, Direktur Pelaksana Ford pada waktu itu mengatakan, "Kami harap mobil listrik bisa bisa mulai layak secara komersial dalam 10 tahun ke depan, meskipun kami percaya jenis kendaraan in akan digunakan terutama untuk mobil pengantar di dalam kota atau mobil belanja di pedesaan."

Crossland melanjutkan, "Mesin pembakaran internal (konvensional) akan masih menjadi yang utama untuk perjalanan jarak jauh dan penggerak industri otomotif, tapi kami juga yakin kalau mobil listrik punya peran menemukan masa depan transportasi manusia nantinya."

Setelah 10 tahun perkenalan Comuta, seperti diketahui, tidak ada perkembangan apa-apa soal mobil listrik. Namun, kini, hampir semua pabrikan berlomba-lomba menyiapkan mobil listrik untuk dijual ke pasar.

Sebagai ikon sejarah perkembangan industri otomotif dunia, dua unit Ford Comuta saat ini masih tersimpan dengan apik di Museum Ilmu Pengetahuan London, di Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com