Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Sumbang Mobil Gas ke BPPT

Kompas.com - 16/02/2015, 14:47 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif - PT Honda Prospect Motor (HPM) menyumbangkan satu unit City CNG kepada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) BPPT, Serpong, Tangerang, Banten, Senin (16/2/2015). Sumbangan sedan mini Honda berteknologi dual fuel ini digunakan sebagai unit riset dan pengembangan teknologi bahan bakar alternatif di Indonesia.

Penyerahan ini disaksikan langsung oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir, Kepala BPPT Unggul Priyanto, Presdir HPM Tomoki Uchida, dan Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM Jonfis Fandy.

"Saya minta pengkajian mobil ini bisa selesai 2015 ini supaya bisa disampaikan ke presiden. Saya juga akan bicara dengan menteri keuangan untuk keringanan apa yang bisa diberikan untuk teknologi baru ini," jelas M Nasir di sela seremoni penyerahan Honda City CNG.

Tomoki Uchida, Presiden Direktur HPM menjelaskan, sumbangan produk ini diharapkan mampu dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk dipelajari. "Sebagai salah satu kendaraan bahan bakar yang sesuai untuk diterapkan kedepannya," tukas Uchida.

Honda City CNG mulai diperkenalkan di Thailand sejak 2012. Saat ini, Honda sudah memproduksi sedan mini ini untuk memasok pasar domestik Thailand. Unit yang disumbangkan pada BPPT juga diimpor utuh dari Thailand.

Mobil ini mampu mengonsumsi BBM dan gas secara bergantian. Mekanisme mesin 1.5 liter i-VTEC SOHC, 4-silinder, dalam mengonsumsi gas dan bbm diatus lewat ECU khusus. Ketika mengonsumsi BBM tenaga yang dihasilkan mencapai 120 PS. Sedangkan ketika gas jadi asupan energi tunggal, tenaga yang dihasilkan 102 PS pada 6.000 rpm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com