Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelatihan Berkendara Aman dari Ford Diperluas

Kompas.com - 11/02/2015, 11:44 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - PT Ford Motor Indonesia (FMI) mengawali tahun kedelapan program Driving Skills for Life (DFSL) di Indonesia. Kick-off tahun ini dilakukan di Korlantas Polri, Jakarta (11/2/2015), dengan program yang diperluas, menyelenggarakan sesi pelatihan keselamatan berkendara dari Sabang sampai Meruke.

Dukungan terus mengalir dari Asia Injury Prevention Foundation (AIPF), Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Repbulik Indonesia (Korlantas Polri), dan bermitra dengan Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC). Intinya, Ford akan terus membantu meningkatkan kesadaran akan keselamatan berkendara, diberikan secara gratis.

"Kebutuhan untuk membantu meningkatkan kesadaran berkendara dengan aman dan pintar bahkan menjadi lebih penting seiring dengan jumlah pengemudi baru dan kendaraan yang terus meningkat," kata Bagus Susanto, Managing Director FMI.

Bagus menambahkan, DSFL diciptakan untuk membantu menyediakan pengetahuan, kesadaran dan keterampilan bagi para peserta untuk berkendara aman. Sekaligus membantu menjadikan semua orang lebih selamat di jalan.

Pelatihan DSFL meliputi sesi teori dan praktik, mencakup tips mengantisipasi kondisi jalan, mencegah berkendara dengan kecepatan tinggi, sampai cara merawat kendaraan agar tetap optimal dan irit. Tak ketinggalan teori defensive seperti menjaga konsentrasi dan jarak aman.

"Kami sangat mendukung program Ford DSFL, karena program ini sejalan dengan kampanye kami, 'Bersatu, Keselamatan No.1'. Kami berharap, dengan bahu-membahu, jumlah kecelakaan lalu lintas di Indonesia bisa berkurang," ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol Condro Kirono.

Sejak diluncurkan pada 2008, hampir 9.500 pengemudi yang memiliki SIM telah mengikuti pelatihan DSFL. Mereka adalah karyawan dari berbagai bidang bisnis, lembaga pemerintahan, kelompok berkepentingan khusus, LSM, komunitas, media, bahkan karyawan FMI sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com