Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Taksi “VIP” Pertama Blue Bird di Indonesia

Kompas.com - 10/02/2015, 15:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Ada banyak hal menarik yang bisa ditemui di Museum Transportasi Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah, salah satunya Nissan Cedric 1992 berseragam hitam dengan logo “VIP”. Mobil inilah definisi pertama jenis taksi Silver Bird milik Blue Bird.

Lebih dua puluh tahun sejak taksi reguler perdana Blue Bird, Holden Torana, beroperasi sejak 1972, Nissan Cedric mulai digunakan pada 1993. Model yang dipajang punya kode bodi “BS 001”, menandakan unit ini nomor urut pertama dari ratusan Cedric yang pernah beroperasi.

Cedric adalah sedan kelas atas produksi Nissan sejak 1960, model yang digunakan Blue Bird adalah Y31-TD25 alias generasi ketujuh yang diekspor khusus buat ASEAN. Uniknya, Cedric di Indonesia menggunakan mesin diesel 4-silinder 2.5L dengan 81 tk pada 4.300 rpm dan torsi 166 Nm pada 6.320 rpm.

Febri Ardani Detail Nissan Cedric 1992 Silver Bird - Blue Bird.

Sejarah dimulai ketika Indonesia menjadi penyelenggara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Non Blok pada 1992. Cedric diimpor untuk kendaraan tamu banyak kepala negara. Setahun kemudian sebagai perwakilan dari pihak swasta, Blue Bird berinisiatif mengubah Cedric menjadi taksi eksekutif pertama di Indonesia.

“Salah satu keunikannya, impor mobil ini tidak seperti mobil biasa soal pajak. Bergerak pakai izin khusus dari Jakarta, karena dulu tidak ada taksi eksekutif,” ucap Teguh Wijayanto, Head Public Relation Blue Bird Tbk, Selasa (10/2/2015).

Febri Ardani Nissan Cedric 1992 Silver Bird - Blue Bird merupakan taksi eksekutif untuk mengangkut tamu

Teguh juga bercerita dari penuturan sopir senior, di awal era operasional para sopir masih bingung karena Cedric beda dengan Holden Torana. Bukan hanya beda mobil tapi juga layanan, dan harga argo lebih mahal. Dibanding Torana, Cedric sudah jauh lebih modern. Power steering dan AC sudah tersedia, jalur komunikasi kini lebih baik dengan automated number identification.

Silver Bird pertama Blue Bird kini punya tempat di salah satu spot di museum, tepatnya di sebelah Torana. Keberadaannya merupakan salah satu bagian dari sejarah transportasi di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com