Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produsen Aki Asal Jepang Resmikan Pabrik di Purwakarta

Kompas.com - 05/02/2015, 15:30 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Purwakarta, KompasOtomotif - PT Furukawa Indomobil Battery Manufacturing (FIBM) mulai mengoperasikan pabrik pertamanya di kawasan industri Bukit indah, Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (5/2/2015). Peresmian pabrik ini dilakukan langsung oleh Menteri Perindustrian Saleh Husin.

Indonesia merupakan negara kedua di Asia Tenggara, setelah Thailand yang dipilih Furukawa untuk mendirikan pabrik. Fasilitas ini berdiri di lahan 66.000 meter persegi dan sudah menghabiskan investasi Rp 600 miliar.

Jusak Kertowidjojo, Presiden Direktur PT Indomobil Sukes International Tbk mengatakan, saat ini terdapat 88 juta unit kendaraan bermotor di Indonesia, termasuk di dalamnya, sepeda motor, mobil, truk, dan lain sebagainya. Artinya bisnis aki sangat strategis posisinya dalam menopang kehidupan masyarakat.

"Artinya, seluruh kendaraan itu setiap dua tahun sekali harus ganti baterai (aki) baru, jadi potensi pasarnya memang sangat besar," beber Jusak di sela peresmian pabrik, hari ini.

Shunji Ishizaki, Presiden direktur FIBM mengatakan, pertumbuhan pasar otomotif yang pesat di Indonesia membutuhkan pasokan aki yang berdaya saing tinggi di pasar. "Kami melihat pasar domestik yang potensial di Indonesia," beber Ishizaki.

Tahap pertama

Peresmian pabrik ini sekaligus menjadi realisasi investasi tahap pertama FIBM di Indonesia. Kapasitas produksinya tahap awal 3 juta unit, mayoritas untuk sepeda motor baru kemudian mobil.

"Komposisinya saya tidak tahu pasti, tapi jumlah sepeda motor itu 10:1 dengan mobil," tukas Jusak. Jika sudah mencapai kapasitas maksimal jumlah volume produksi bisa mencapai 5 juta unit per tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com