Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Airbag" Bermasalah, Jeep Grand Cherokee Kena "Recall"

Kompas.com - 03/02/2015, 08:20 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Auburn Hills, KompasOtomotif – Fiat Chrysler Automobiles bersiap melakukan kampanye perbaikan massal (recall) sekitar 230.000 Jeep Grand Cherokee keluaran 2014 dan 2015 di seluruh dunia. Perbaikan massal akan dilakukan untuk masalah peranti lunak yang memungkinkan kantung udara mengembang meski kendaraan tak terlibat dalam kecelakaan.

Software yang dimaksud memang didesain untuk mendeteksi kecelakaan yang membuat mobil terbalik. Dalam kasus Jeep Grand Cherokee, saat mobil dipakai off-road dengan kemiringan ekstrem, software mendeteksi bahwa mobil dalam kondisi akan terbalik, menyebabkan kantung udara samping mengembang.

Kendaraan yang terlibat adalah 170.000 unit model 2014 dan 2015 di Amerika Serikat, sekitar 20.000 di Kanada, 4.000 di Meksiko, dan 36.000 sisanya di luar Benua Amerika.

Seluruh dealer Fiat-Chrysler diwajibkan mengontak konsumen dan mengganti peranti lunak ini untuk mencegah hal tersebut terjadi.

Ditegaskan, recall ini berbeda dari recall sebelumnya terkait sensor kantung udara yang diterbitkan NHTSA beberapa minggu lalu. Recall sebelumnya melibatkan 2,1 juta unit kendaraan, termasuk sejuta kendaraan dari produkl Chrysler.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com