Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GM Gandeng SAIC Bangun Pabrik di Indonesia

Kompas.com - 02/02/2015, 13:04 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - General Motors (GM) memastikan perusahaan gabungannya di China, SAIC-GM-Wuling (SGMW) untuk membangun pabrik perakitan di Indonesia. Seperti dilansir Reuters (1/2/2015), Indonesia dipilih lokasi investasi karena negara dengan pasar terbesar di Asia Tenggara.

SGMW merupakan perusahaan gabungan antara GM China, SAIC Motor Corp Ltd and Wuling Motors, dan akan membangun pusat perakitan di dekat Ibu Kota Jakarta. Pembangunan pabrik rencananya dilakukan mulai tahun ini, sambil menunggu izin pemerintah Indonesia, tulis GM dalam situs resminya.

Mobil ini akan dijual terutama di Indonesia dengan potensi ekspor ke beberapa negara tetangga di Asia Tenggara.

Sumber internal Reuters mengatakan, GM dan SAIC bekerjasama untuk masuk ke Indonesia menggunakan merek Wuling untuk menembus Indonesia. Dari situ, Wulling berniat memperlebar sayap di kawasan regional itu.

Akhir pekan lalu, Jumat (30/1/2015), Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan kepada Antara kalau GM dan SAIC berniat menanamkan investasi 700 juta dollar untuk pabrik perakitan mobil di Indonesia. Kapasitas yang disiapkan mencapai 150.000 unit per tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com