Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sangar, Nissan Juke Nismo RS Pakai Roda Tank

Kompas.com - 02/02/2015, 11:15 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Lapland, KompasOtomotif - Nissan memberikan kreasi terbarunya buat Juke Nismo RS. Tak tanggung-tanggung, ubahan yang diberikan langsung terbilang ekstrem yakni mengganti keempat ban dengan roda seperti yang dipakai tank.

Fungsi karet bundar dihilangkan dan diganti dengan roda besi berbentuk segitiga. Ubahan ini dilakukan untuk memungkinkan Juke Nismo RS melibas salju ataupun lumpur layaknya tank. As roda sudah pasti berubah dan bertambah panjang, begitu juga komponen penggerak dan kaki-kaki lain yang wajib disesuaikan dengan roda tank tersebut.

Kelincahan Juke Nismo RS jelas berkurang berkat penggunaan roda besi. Crossover kompak asal Jepang ini tidak bisa lagi bermanuver tajam karena bodi mobil yang semakin bongsor dan sistem kemudi yang berbeda dengan ban karet pada umumnya.

Juke Nismo RS roda tank ini mampu berlari sampai dengan kecepatan 100 kpj. Tidak ada perubahan pada mesin atapun transmisi dengan tetap mempertahankan sistem CVT bawaan. Kecepatan tersebut hampir menyamai kecepatan kendaraan khusus salju.

Seperti dilansir Autoblog, Senin (2/2/2015), Nissan menyebutkan bahwa Juke Nismo RS tersebut akan dijadikan kendaraan operasional pada ajang lomba mengemudi di es yang diselenggarakan di Lapland, Finlandia.

“Ini dirancang untuk menjadi kendaraan pendukung pada event balapan es di Finlandia. Selanjutnya, Nissan akan meneruskan proyek ini untuk bisa dipakai di lokasi lain," tulis Nissan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com