Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Salah Satu Daya Tarik Honda HR-V yang Unik

Kompas.com - 02/02/2015, 08:00 WIB
Surabaya, KompasOtomotif - Kabin lapang dan jok multifungsi menjadi salah satu daya tarik Honda HR-V untuk "menggoyang" segmen kompak SUV. Para konsumen disuguhkan ruang kabin yang lega, kendati bentuk maupun dimensi HR-V tergolong kompak. Plus, jok yang bisa diatur sedemikian rupa untuk mengakomodasi keperluan penggunanya.
 
Paling krusial adalah ruang kaki penumpang belakang. KompasOtomotif sempat merasakan jadi penumpang belakang saat uji coba HR-V yang diselenggarakan Honda Prospect Motor (HPM) di Pasuruan menuju kawsan Bromo. Untuk orang dewasa dengan tinggi 175 cm, sisa ruang kaki saat duduk, antara dengkul dengan bagian belakang jok masih tersisa hampir 20 cm, atau 8 jari tangan yang dirapatkan. Ukuran tersebut bisa disamakan dengan ruang kaki penumpang belakang pada "sang kakak", CR-V.
 
Bentuk atap melandai di bagian belakang layaknya desain kupe, ternyata tidak menjadikan ruang kepala menjadi terbatas. Saat awak redaksi mencoba, jarak antara kepala dengan atap masih ada sekitar 8 cm, atau seukuran 4 jari dirapatkan.

KompasOtomotif Bisa dibuat seperti tempat tidur dengan relax mode
Sepeda dan tempat tidur
 
Area yang luas dan lapang juga diberikan pada ruang bagasi. Volume yang besar tersebut mampu menampung 3 koper berukuran besar dan tas perjalanan (travel bag) berukuran sedang. Bagi petualang yang doyan bersepeda, tak perlu repot memasang alat khusus di pintu belakang (tailgate) atau roofrack. Cukup lipat kedua jok belakang, maka tersedia ruang bagasi dengan volume tambahan, dengan lantai rata, yang dapat memuat 2 sepeda gunung (mountain bike).
 
Selain itu konfigurasi jok juga bisa dibuat untuk tempat tidur sederhana. Hal tersebut sangat diperlukan ketika melakukan perjalanan jarak jauh. Caranya cukup mudah, hanya dengan merebahkan sandaran jok depan, lantas sejajarkan dengan permukaan bagian bawah jok belakang, maka tercipatalah ruang tidur sederhana yang datar. Jok pengemudi pun bisa dibuat hal serupa.

KompasOtomotif Kabin lapang dan jok bisa disetel sesuai kebutuhan
Jika membutuhkan ruang bagasi yang tinggi, permukaan jok belakang bisa dilipat ke arah sandaran dan dikaitkan pada pilar bagian samping. Dengan begitu baris kedua bisa dimanfaatkan untuk membawa barang yang memiliki dimensi yang cukup tinggi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com