Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Desain Toyota Yaris Versi Reli Dunia

Kompas.com - 31/01/2015, 12:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Cologne, KompasOtomotif - Pengembangan Yaris berbalut spesifikasi balap off-road telah rampung, kini Toyota resmi mengatakan kembali ke ajang FIA World Rally Championship pada 2017. Kompetisi terakhir merek raksasa Jepang ini di ajang reli internasional terjadi pada 1999.

Yaris WRC akan dipacu oleh pebalap Perancis Eric Camilli dibantu Stéphane Sarrazin and Sebastian Lindholm sebagai tim pengembang balap. Presiden tim Toyota WRC Yoshiaki Kinoshita mengatakan menjadi kehormatan kembali ke ajang balap reli level internasional.

“Ada banyak yang dilakukan untuk berpetualang kembali ke WRC tapi kami mendapat banyak dukungan dari Toyota Motor Corporation (TMC) dan presiden kami Akio Toyoda selalu memberi semangat,” ujar Kinoshita, seperti diberitakan Car Advice, Jumat (30/1/2015).

Presiden TMC Akio Toyoda menjadi tokoh sentral di balik keputusan comeback Toyota. Tak hanya itu, Toyoda juga dikenal sebagai konseptor mobil sport Toyota GT86.

Carscoops Toyota Yaris WRC.

Yaris versi WRC dirancang dan dikembangkan oleh Toyota Motorsport GmbH (TMG) di pusat teknis di Cologne, Jerman. Pengetesan telah dilakukan di berbagai kondisi, termasuk pada permukaan aspal dan berkerikil di berbagai wilayah Eropa. Sumber tenaga Yaris WRC berasal dari mesin 4-silinder 1.6L turbocharged dengan hasil 300 tk dan torsi 420 Nm.

Toyota mengklaim, simulasi canggih, pengetesan, dan teknik produksi telah mengubah sasis Yaris. Meski telah siap, pengembangan terus berlanjut sampai mendekati seri pembuka WRC 2017.

Spesifikasi Toyota Yaris WRC:

Sasis
Tipe: Steel body shell
Rem: 300mm discs on gravel, 355mm on aspal
Pelek:7 x 15″ gravel, 8 x 18″ tarmac
Ban: Michelin
Dimensi: Panjang 3.910mm, lebar 1.820mm

Sumber tenaga:
Kapasitas mesin: 1.6 liter
Tipe: 4-silinder segaris
Injeksi langsung hingga 200bar
Bahan bakar bensin
Tekanan turbo maksimum 2.5bar
Air restrictor 33mm
Tenaga 300 tk (@6.000 rpm)
Torsi 420Nm
Max revs 8.500rpm
Transmisi sequential 6-percepatan
Kopling ZF Sachs

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com