Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 9 Mobil Teraman buat Pengemudi

Kompas.com - 31/01/2015, 10:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Detroit, KompasOtomotif - Organisasi non profit keselamatan berkendara asal Amerika Serikat Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) sebelumnya telah merilis daftar mobil dengan tingkat kematian pengemudi paling tinggi. Dari urutan itu terungkap sembilan mobil yang punya tingkat nol kematian buat pengemudi.

Autoblog, Kamis (29/1/2015), mengatakan kesembilan mobil aman itu adalah Honda Odyssey, Audi A4 All-Whell Drive (AWD), Kia Sorento two-wheel drive, Lexus RX 350 AWD, Mercedes GL-Class AWD, Subaru Legacy, Toyota Highlander Hybrid, Toyota Sequoia AWD, dan Volvo XC90 AWD.

Kebanyakan mobil-mobil itu merupakan model tahun 2011, tapi beberapa di antaranya punya basis desain dari 2008 yang dibalut estetika facelift. Delapan tahun lalu saat IIHS merilis hasil riset seperti ini, tidak ada satupun model yang punya rasio nol kematian pengemudi. Catatan, daftar itu tidak menghitung kematian penumpang.

Daftar baru ini juga membawa hal baik buat SUV. Hampir satu dekade lalu model dengan ground clearance tinggi ini tidak masuk dalam daftar karena potensi terguling. Dibantu kemajuan fitur dan teknologi seperti electronic stability control, SUV kini masuk dalam jajaran mobil aman meski punya dimensi bodi besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com