Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Polisi dengan Alat Pendeteksi Mobil Curian

Kompas.com - 30/01/2015, 09:20 WIB
Aalter, KompasOtomotif - Kepolisian Aalter, Belgia, mendapatkan unit mobil patroli baru, Skoda Octavia VRS. Hebatnya, mobil polisi Belgia ini sudah dilengkapi dengan sistem pengenalan nomor polisi kendaraan (plat) bernama ANPR.

ANPR adalah singkatan dari Automatic Number Plate Recognition, yang mampu merekam nomor plat mobil dan kemudian perangkat lunak membandingkan data yang disimpan di pusat data registrasi kendaraan.

Jika ada plat nomor yang terdeteksi palsu dan dicurigai mobil curian, maka otoritas polisi akan disiagakan dan langsung melakukan pengejaran untuk memeriksa mobil tersebut.

Di Belgia, Skoda Octavia VRS sebenarnya hanya dibanderol 29.490 euro (Rp 421,8 juta). Tapi mobil polisi khusus ini dijual lebih mahal dengan tambahan sistem ANPR tersebut. Satu unitnya dihargai 85.000 euro (Rp 1,21 miliar). Alat ANPR ditempel di kap mesin untuk bisa membaca plat mobil lain.

Tamabahn alat tersebut membuat penampilan mobil sedikit berbeda. Skoda Octavia VRS mampu mencapai akselerasi ke kecepatan 100 kpj dalam waktu 6,8 detik dan top speed 248 kpj. Angka tersebut hasil dari output mesin 2.0-liter dengan daya 220 tk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com