Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Niaga dan Sedan Ford Bermasalah

Kompas.com - 29/01/2015, 16:30 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Detroit, KompasOtomotif - Ford Motor Company menarik dan memperbaiki (recall) 221.000 unit mobil dan kendaraan niaga karena masalah pada tuas pintu dan sabuk keselamatan. Dalam peryataan resminya, dilansir Autonews (28/1/2015), belum ada korban menyangkut kedua masalah ini.

Merek asal Dearborn, AS ini menarik 204.945 unit sedan, termasuk di dalamnya Taurus produksi 2010-2013, Lincoln MKS, dan mobil dinas kepolisian Police Interceptor. Masalah yang terjadi pada model-model ini ada pada pegas di tuas pintu bagian dalam. Ketika pegas putus, pintu bisa sulit terbuka jika terjadi tabrakan samping, membuat risiko cidera lebih besar bagi pengemudi atau penumpang.

Para jaringan bengkel resmi Ford diinstruksikan untuk memeriksa keempat tuas pintu dan segera mengganti jika diperlukan. Seluruh sedan yang bermasalah ini diproduksi pabrik perakitan Chicago, rentang 2009-2012.

Recall kedua diumumkan untuk 16.091 unit Ford Transit Connect van, mobil niaga yang dipasarkan di AS. Sabuk keselamatannya bermasalah, berpotensi tidak mengikat sesuai kondisi normal. Jika hal ini terjadi, kekuatan daya tarik sabuk bisa mengendur sehingga fungsi keselamatan jadi pudar, meningkatkan risiko cidera.

Pemeriksaan dan perbaikan akan dilakukan pada seluruh unit yang dicurigai bermasalah. Mobil niaga yang bermasalah diproduksi rentang November 2013 hingga September 2014 di Spanyol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com