Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lawan Honda HR-V dari Fiat Segera ke Indonesia

Kompas.com - 28/01/2015, 11:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bandung, KompasOtomotif – Fiat Chrysler Automobile cukup membuat kaget dengan memunculkan Fiat 500X, versi compact crossover dari si mungil Fiat 500, dalam ajang Paris Motor Show tahun lalu. Mobil yang dibangun dari platform Jeep Renegade ini pun bersiap datang ke Indonesia, menantang pada kompetitor macam Honda HR-V atau Nissan Juke.

Dhani M Yahya, Managing Director Brand Fiat dan Alfa Romeo, PT Garansindo Inter Global, menegaskan kalau model ini akan datang pada kuartal ke-3 2015. ”Kita harus menunggu sedikit lebih lama, karena saat ini produksi sedang berlangsung, dan mayoritas setir kiri. Untuk mengubah ke setir kanan memang butuh waktu,” kata Dhani, (27/1/2014), di Bandung.

Dikatakan, crossover empat pintu beraroma Italia ini akan menjadi darah segar untuk Garansindo, apalagi akan ditawarkan dengan harga relatif terjangkau. Auranya mirip dengan Fiat 500, namun seperti ”disuntik steroid” dengan bodi lebih bongsor.

Fiat 500X akan dijual lebih dari 100 negara di dunia, termasuk Eropa dan Amerika Serikat. Model ini diharapkan bisa "menyumbat" kerugian yang terjadi di Eropa sekaligus mendongkrak pangsa pasar. Crossover ini ditawarkan dalam beberapa pilihan sistem penggerak, depan dan semua roda (all wheel drive).

Meski Fiat 500X dan Jeep Renegade punya struktur dan konstruksi yang sama, keduanya tetap diposisikan berbeda. ”Fiat merupakan crossover dan ’Jeep’ adalah Jeep. Anda tidak akan bisa mengikuti Jeep Renegade naik ke perbukitan terjal menggunakan 500X,” jelas CEO Fiat Chyrsler Sergio Marchionne di Paris Motor Show, akhir 2014 silam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com