Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajah Baru Toyota Alphard yang Terlalu Agresif

Kompas.com - 27/01/2015, 14:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - Toyota Motor Corporation akhirnya meluncurkan generasi terbaru Alphard di Tokyo, Jepang, (26/1/2015). MPV premium ini mengalami perubahan drastis dari segi penampilannya, terlihat lebih agresif dengan desain futuristik.

Desain bagian wajah membuat Alphard 2015 berbeda, mulai dari grill besar dengan seperti tumpukan gigi berlapis krom, saling terintegrasi, dengan airdam di bagian bawahnya. Bentuk bemper terbelah menjadi dua sisi akibat aksen trapesium yang menjadi bingkai gril. Lampu depannya punya desain baru, sudah proyektor dan LED.

Bagian lain yang menarik ada pada bagian jendela samping, tepatnya di pilar B. Bentuk bingkai jendela samping terlihat unik, dengan sisi depan melandai. Pintu samping masih bergaya geser dengan bantuan motor elektrik. Menuju bagian belakang mobil, yakni pilar D, jendela samping dan belakang seolah tidak menggunakan bingkai, membuatnya terlihat lebih "stylish".

Lampu rem membentuk lekukan dari sisi samping belakang di kedua sisi, menyatu hingga sejajar dengan plat nomor di tengah. Lapisan krom pada bagian atas plat nomor yang dilengkapi logo Toyota membuat MPV ini terlihat lebih lapang namun manis.

Toyota Dimensinya lebih pendek 10 mm, tapi bagian kelapangan interior tetap tidak berubah.

Dimensi Alphard nyaris sama dengan model sebelumnya, hanya tingginya dikurangi 10 mm menjadi 1.880 mm. Meskipun berkurang, Toyota mengklaim soal kelapangan dan kenyamanan dalam kabin sama sekali tak terganggu. Tinggi atap pada interior tetap dipertahankan 1.400 mm seperti model lama. 

Toyota Dashbor baru Toyota Alphard 2015.

Mesin

Toyota menyediakan tiga pilihan mesin untuk Alphard di Jepang, yakni 2AR-FXE, 2.5-liter, dipadu dengan empat motor listrik, sehingga tercipta sistem hibrida. Dipadu dengan transmisi 6-percepatan Sequential Shiftmatic, diklaim punya rata-rata konsumsi hingga 19,4 kpl via pengujian JC08 standar Jepang.

Kedua, mesin baru 2AR-FE, 2.5-liter, dengan transmisi 7-percepatan Sports Sequential Shiftmatic, CVT-i, dan tersedia fitur tambahan "Stop & Start System". Dengan sistem ini, mobil ini diklaim punya konsumsi 12,8 kpl. Terakhir, 2GR-FE V6, 3.5-liter dengan transmisi 6-percepatan dengan teknologi Sequential Shiftmatic menawarkan konsumsi bahan bakar 9,5 kpl.

Selain itu, Toyota juga melakukan perubahan dan perbaikan desain suspensi sehingga meningkatkan kenyamanan. Teknologi baru, termasuk Panoramic View Monitor, Intelligent Parking Assist, dan Collision-Avoidance System kini sudah tersedia.

Velfire

Selain Alphard, Toyota juga meluncurkan Velfire pada waktu yang bersamaan. Soal spesifikasi teknis dan pilihan mesin yang ditawarkan pada Alphard tersedia untuk Velfire. Perbedaan kedua model ini praktis hanya dari segi penampilan desain depan saja. Desain samping dan belakang dari segi esensi relatif sama.

Toyota Desain baru juga ditemui pada Velfire.

Toyota sengaja memasarkan MPV premium ini dalam dua model karena sistem pemasaran yang dilakukan di Jepang. Toyota memasarkan Alphard melalui jaringan pemasaran Toyopet sedangkan Velfire dijual via jaringan dealer Netz.

Toyota menawarkan Alphard dan Velfire dengan banderol mulai 3,197,782 yen atau Rp 337,2 juta saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com