Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Perubahan Perangkat Keselamatan Mirage Terbaru

Kompas.com - 26/01/2015, 17:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Bandung, KompasOtomotif - Mitsubishi New Mirage kini lebih aman. Hal tersebut disebabkan adanya penambahan perangkat keselamatan berupa kantong udara. Perangkat tersebut kini tersedia juga buat penumpang depan. Plus sabuk keselamatan pretensioner ganda di sisi pengemudi pengemudi. Tapi perubahan tersebut sedikit membuat perbedaan pada estetika kabin.

Rumah sabuk pengaman pengemudi di bagian bawah tidak lagi ditutupi, sehingga terkesan kurang rapi karena tali kawat yang mengait ke sabuk bisa terlihat jelas. KompasOtomotif pertama kali menemukan hal ini pada versi terendah GLX, tapi ternyata desain seperti ini juga diterapkan di varian GLS, Sport, dan Exceed.

Section Head of Service Engineering and Testing KTB Teguh Hendratno menjelaskan, desain itu termasuk konsekuensi tambahan pretensioner ganda untuk sabuk pengaman pengemudi. Segala pembaruan sektor keselamatan pada New Mirage mengikuti versi produksi Thailand.

Febri Ardani Sebagai perbandingan, ini rumah bagian bawah sabuk pengaman penumpang depan New Mirage.

Pretensioner pada sabuk pengaman berfungsi menahan laju inersia badan ketika terjadi tabrakan depan. Ketika bekerja, sabuk pengaman akan mengetat sepersekian detik sebelum kantong udara terbuka. Tujuannya menjaga posisi tubuh sekaligus menghindari letupan awal kantong udara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com