Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rancangan Peraturan Balap Mobil Diesel di Indonesia

Kompas.com - 26/01/2015, 15:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Rencana Sarana Media Nusantara (SMN) menyelenggarakan balap pertama khusus mobil diesel di tujuh seri Indonesia eXtreme Offroad Racing (IXOR) 2015 telah mendapat persetujuan Ikatan Motor Indonesia (IMI). Draft peraturan tentang kelas baru tersebut telah dibuat dan segera diresmikan.

“Kami atas nama promotor nasional di 2015 telah mengirimkan sumbang saran dari para calon pengguna kendaraan diesel IXOR 2015 kepada Safril Sarwono (Biro Olahraga Motor) dengan tembusan kepada Taqwa Suryoswasono (Biro Teknik Mobil),” kata Andhi Satria, Direktur Media & Sponsorship, akhir pekan lalu.

Dalam draft peraturan disebutkan kelas balap diesel dibagi menjadi dua kelompok, standar (D1) dan modifikasi (D2). Kendaraan yang boleh digunakan wajib bermesin diesel dengan pilihan varian bodi SUV, pikap, dan kabin ganda, yang dipasarkan oleh ATPM di Indonesia. Usia mobil juga dibatasi di bawah lima tahun, dengan begitu IMI memprediksi setidaknya ada tujuh model yang masuk dalam kategori ini.

Ubahan pada kendaraan diperbolehkan asal sesuai ketentuan tertulis. Mesin yang dipakai harus sesuai varian kendaraan, boleh menambahkan intercooler (bagi yang belum menggunakan), sistem pembuangan, remapping ECU, dan penambahan piggyback. Sektor penting lain, suspensi boleh menggunakan coilover dan mengganti arm. Lebih lengkap bisa dilihat di tautan ini.

Semua peraturan ini telah didiskusikan di internal IMI ditambah jajak pendapat dari beberapa pakar mesin diesel dan rumah modifikasi balap diesel. Peraturan teknik lain bisa saja ditambahkan dalam jangka waktu dekat.

Berikut rencana jadwal IXOR 2015:
Putaran 1 : Batulicin, Kal Sel, 14-15 Maret 2015
Putaran 2 : Serang, Banten, 09-10 Mei 2015
Putaran 3 : Semarang, Jawa Tengah, 06-07 Juni 2015
Putaran 4 : Kalijati, Jawa Barat, 29-30 Agustus 2015
Putaran 5 : DKI, New Paramount, 19-20 September 2015
Putaran 6 : Jawa Timur, 10-11 Oktober 2015
Putaran 7 : Banjar Baru, Kal Sel, 07-08 November 2015

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com