Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini SUV Hybrid Terkuat di Dunia dari China

Kompas.com - 23/01/2015, 16:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Beijing, KompasOtomotif – Produsen mobil asal China, BYD, memperkenalkan SUV tangguh yang berteknologi hibrida, (22/1/2014). Mereka menamakannya Tang, terinspirasi dari salah satu dari tiga dinasti paling berpengaruh di masanya, yakni Dinasti Tang. Sesuai namanya, diharapkan mobil ini membawa pengaruh besar dan menjadi yang terkuat di dunia.

Nyatanya, penamaan itu bukan asal. Dari spesifikasinya, BYD Tang sudah bisa dikatakan sebagai SUV hibrida terkuat di dunia. Tahta yang selama ini dipegang Volvo XC90 T8 berhasil digusur!

Bandingkan tenaga mesinnya. XC90 T8 yang selama ini menyandang predikat tersebut, punya tenaga 400 tk, mampu melesatkan mobil dari 0-100 kpj dalam 6,4 detik.

carnewschina Tampang belakang BYD Tang.

Sementara Tang, dengan mesin bensin 2.0L turbo bertenaga 205 tk dan torsi 320Nm, lalu ditambah dengan motor elektrik 150 tk dan torsi 200 Nm. Jika digabungkan, total tenaganya 505 tk dengan torsi 720 Nm! Itu sudah cukup melesatkan mobil dari 0 ke 100 kpj kurang dari 5 detik.

Edisi spesial

Kurang puas, masih ada dua edisi spesial, disebut Tang Limited yang cuma tersedia 98 unit, dan Ultimate Edition dengan hanya 200 unit. Keduanya mendapat banyak penambahan fitur interior juga performa.

Model Limited mendapat pelek warna merah, lalu interiornya dibalut kulit dan kayu. Harga 300.000 yuan, atau Rp 601 juta. Sementara model Ultimate malah lebih ganas. Sekujur tubuh sudah ditambah body kit hingga beberapa komponen karbon. Harga dua kali lipat lebih mahal, yakni 600.000 yuan, atau Rp 1,2 miliar!

carnewschina Interior tak kalah dengan model-model SUV mapan papan atas.

Kenapa jauh sekali bedanya? Ternyata BYD memberikan mesin yang jauh lebih ganas, dengan akselerasi dari 0 ke 100 kpj cuma 4,4 detik. Secara teknis, berarti raihan itu membuat BYD Tang Ultimate masuk di deretan SUV tercepat di dunia selain BMW X6M atau Mercedes-Benz AMG GLE 63.

Meski harga edisi spesial bisa sudah diberitahukan, justru harga versi standar belum diumumkan. Yang jelas, jika Anda tinggal di China, pembeli akan mendapat subsidi dari pemerintah, karena BYD Tang termasuk kategori mobil ramah lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com