Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Monitor ”Blind Spot” Ditengarai Lamban Deteksi Objek

Kompas.com - 23/01/2015, 14:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

California, KompasOtomotif – Teknologi pendeteksi kendaraan pada area blind spot memang sangat baik dan membantu, namun pengemudi tetap harus waspada. American Automoble Association (AAA) mengungkap, fitur canggih itu tidak bisa 100 persen membantu.

Setelah melakukan pengujian, didapati bahwa sistem monitor blind spot cukup baik untuk mendeteksi datangnya mobil. Namun, untuk sepeda motor, butuh waktu 26 persen lebih banyak untuk akhirnya terpantau dan muncul tanda pada kaca spion.

Tidak dijelaskan, bagaimana sistem ini bisa lebih lambat mendeteksi sepeda motor. Tapi jika memang penemuan ini benar, artinya pengemudi tetap harus ekstra waspada pada kondisi sekitar mereka, khususnya mendeteksi adanya sepeda motor yang tak terlihat di area blind spot.

Karena itulah, dalam hal ini, pendeteksi objek pada blind spot dianggap justru memunculkan potensi bahaya. Kebanyakan orang akan sangat percaya dengan kinerja fitur ini, padahal tidak 100 persen membantu.

Membayar mahal untuk sebuah fitur memang membantu. Namun insting manusia dan kewaspadaan dengan teori mengemudi defensive driving adalah hal yang paling utama. Kecuali, produsen mobil menyempurnakan kekurangan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com