Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VW Bikin Komponen Seragam antar Model

Kompas.com - 22/01/2015, 09:30 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Frankfurt, KompasOtomotif - Grup Volkswagen berniat memperbanyak komponen sama pada seluruh model yang diproduksinya di masa depan. Langkah ini dilakukan agar perusahaan bisa menggapai keuntungan lebih besar dengan cara mengurangi biaya produksi dari keseragaman komponen.

Komponen sama akan dimaksimalkan untuk merek VW, seperti Golf, Polo, dan lain sebagainya akan menawarkan "potensi penghematan yang signifikan," jelas Hans Dieter Poetsch, Kepala Keuangan VW dilansir Bloomberg, Rabu (21/1/2015).

Tahun lalu, VW berhasil mencatatkan rekor penjualan baru, mencapai 10,14 juta unit di seluruh dunia. Angka penjualan itu termasuk merek-merek yang berada di bawah payung Grup VW, seperti Audi, Porsche, Bentley, Skoda, dan Seat. Untuk merek VW saja, penjualan tahun lalu juga naik 3 persen menjadi 6,12 juta unit. VW juga mengatakan berhasil mencapai target keuntungan yang sudah ditetapkan.

Grup VW berhasil menembus penjualan 10 juta unit lebih cepat dari yang ditargetkan sebelumnya, sekaligus mencatatkan diri sebagai produsen mobil terbesar kedua di dunia, di bawah Toyota. Kini, target yang mau dicapai VW adalah mengembalikan keuntungan dari divisi kendaraan penumpang VW demi mengejar target keuntungan pada 2018.

"Kami melihat langkah positif ini diambil oleh grup untuk menyediakan kejelasan pada setiap langkah mengembalikan keuntungan," tukas Jose Asumendi, analis JPMorgan Chase & Company.

Poetsch melanjutkan, mengurangi jumlah aki dan model lampu interior yang digunakan pada Golf mampu mengurangi biaya produksi. Mengurangi varian mesin dan transmisi pada generasi terbaru Polo hingga 30 persen juga dilakukan demi penghematan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com