Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Fuso Masih Penguasa Pasar Truk

Kompas.com - 20/01/2015, 17:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Mitsubishi Fuso mempertahankan posisinya sebagai penguasa pasar kendaraan niaga di Indonesia. Sepanjang 2014 lalu, merek yang bernaung di bawah PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) itu meraup pangsa pasar 47 persen dari total penjualan kendaraan niaga di Indonesia. Menariknya, hasil tersebut diraih saat pasar truk sedang lunglai.

Merujuk data penjualan secara wholesales Gaikindo, pasar kendaraan niaga nasional selama 2014 berada di angka 119.945 unit, atau turun 16,4 persen dibandingkan 2013. Penurunan ini dirasakan imbasnya oleh seluruh merek otomotif, baik kendaraan niaga maupun kendaraan penumpang.

Kendati demikian, pangsa pasar truk Mitsubishi justru naik, dari 46,2 persen pada 2013 menjadi 47 persen tahun lalu. Hal ini semakin memperkuat posisi kendaraan niaga KTB sebagai market leader selama 44 tahun.

Masih mengacu pada data penjualan wholesales, sepanjang Januari–Desember 2014, kendaraan niaga Mitsubishi tercatat sebanyak 56.369 unit.

Penjualan terbesar berasal dari Colt Diesel yang termasuk dalam segmen truk ringan (light duty truck), yakni 52.100 unit dan menguasai 54,1 persen pangsa pasar di kelasnya. Segmen ini memang menjadi ladang penghasilan KTB, sementara di segmen truk medium KTB harus mengejar kompetitor, dalam hal ini Hino.

Selama 2014, KTB sudah meluncurkan sembilan varian baru, sebagian besar varian New Fuso FJ series. KTB juga menambah jaringan penjualan sebanyak lima outlet, menjadikan total 222 dealer Fuso yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tujuh Truck Center di lintas Jawa–Sumatera juga menjadi catatan tersendiri merupakan satu-satunya pusat servis khusus kendaraan niaga yang beroperasi selama 24 jam setiap hari (termasuk akhir pekan dan hari libur). Belum lagi ditambah 19 Parts Depo sebagai gudang penyimpanan suku cadang, dan 81 Mobile Workshop yang siap melayani konsumen di seluruh Indonesia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com