Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Test Drive Honda New CR-V

SUV dengan Suguhan Kabin yang Memadukan Kemewahan dan Teknologi

Kompas.com - 20/01/2015, 11:20 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Bandung, KompasOtomotif - Seusai melangsungkan prosesi peluncuran Honda New CR-V, PT Honda Prospect Motor (HPM) melangsungkan sesi uji berkendara buat media, Kamis-Jumat (15-16 Januari 2015), menuju Bandung, Jawa Barat.

KompasOtomotif juga berkesempatan langsung merasakan performa, kenyamanan, dan teknologi baru yang disuguhkan New CR-V. HPM hanya menyediakan tipe tertinggi atau Prestige pada sesi pengujian kali ini. Artinya, dari segi performa, kenyamanan, dan teknologi, semua sudah tersedia di tipe tersebut.

Sebelum masuk ke pembahasan, menarik untuk mengupas detail teknologi terbaru SUV andalan Honda tersebut. Sudah pernah dibahas sebelumnya mengenai satu teknologi pintar, yakni Nanoe, yang mampu menjaga kualitas udara di kabin, dengan fungsi mengurangi bau tak sedap serta menonaktifkan jamur dan virus.

Azwar Ferdian/KompasOtomotif Fitur Nanoe di New Honda CR-V
Nanoe merupakan fitur baru yang disematkan dalam model Honda. Tombol aktivasi terletak di atas head unit. Untuk mengaktifkan, cukup tekan tombol sekali dan fitur langsung bekerja. Hanya saja, bila diaktifkan pada siang hari saat pencahayaan kabin sedang terang, lampu indikator Nanoe tidak terlihat jelas. Perlu ditutup dengan tangan, untuk memastikan apakah sudah aktif atau belum. Bila diaktifkan pada malam hari, langsung terlihat lampu biru menyala sebagai tanda sistem sudah bekerja.

Azwar Ferdian/KompasOtomotif Lampu indikator Nanoe tanda sistem sedang bekerja
Pada tipe Prestige juga tersedia power sunroof untuk menikmati pemandangan lebih luas saat perjalanan. Sayang, jarang mendapat kesempatan merasakan atap terbuka saat uji berkendara ini karena diguyur hujan hampir sepanjang perjalanan. Di Tanah Air, kelengkapan ini kerap dijadikan ajang gengsi agar tampil lebih mewah dan trendi dibanding fungsionalitas.

Kesan mewah makin ditambah dengan tekstur kayu dan Soft Pad pada dashboard dan door lining. Desain konsol tengah memudahkan menyimpan dan mengambil barang dan modern meter cluster untuk memberikan informasi selama mengemudi.

Istimewa Sunroof pada Honda New CR-V
Selama perjalanan, penumpang dimanjakan dengan sistem infotaintment layar sentuh 7 inci, dengan kemampuan audio video yang bisa terkoneksi dengan ponsel pintar. Ada juga fitur screen mirrorring dengan menggunakan kabel opsional tersedia untuk posel berbasis iOS dan Android. Ditambah lagi sistem navigasi, MP3 Player, Aux input, HDMI port, dan USB port. Telinga dimanjakan dengan tweeter baru yang menunjang kualitas audio.

Penumpang belakang

Awak redaksi mengawali perjalanan dengan menjadi penumpang belakang. Kesan lega dan nyaman langsung terasa saat duduk di baris kedua. Ruang kaki lebih lega dengan thin seat back dan desain lantai yang rata. Tersedia juga dua ventilasi AC di konsol tengah yang berguna buat kesejukan di baris kedua.

Istimewa Armrest di tengah kursi baris kedua
Jok di baris kedua bisa diatur kemiringannya sesuai kebutuhan. Bila membutuhkan sandaran tangan (armrest), tinggal tarik bagian tengah jok. Selain berfungsi sebagai sandaran tangan, bisa juga buat penyimpanan barang atau botol minuman. Syaratnya, tentu saja sedang tidak ada penumpang di bagian tengah. Cup holder juga tersedia di sisi trim pintu kedua.

Ruang bagasi

Fitur one action seat arrangement adalah fitur peninggalan dari model terdahulu. Fungsinya, pengaturan tempat duduk hanya dalam satu sentuhan. Cukup tarik tuas yang ada di belakang, jok tengah akan terlihat rata dan menambah kapasitas bagasi belakang.

Fitur terakhir adalah power tailgate yang memudahkan membuka tutup pintu bagasi kendaraan secara otomatis. Tekan tombol pada smart key (kondisi mobil tidak menyala), atau melalui pintu bagasi dan tombol yang berada di dekat setir. Sistem ini dilengkapi dengan anti pinch untuk menghindari terjepit saat memasukkan barang.

Kesimpulan

Kenyamanan khas CR-V yang terdapat pada varian sebelumnya masih dipertahankan. Penambahan kali ini berupa sentuhan kemewahan dengan ubahan beberapa panel. Kemajuan pesat yang disuguhkan Honda kali ini lebih dikonsentrasi pada sektor teknologi yang lebih aplikatif dan mengangkat status penggunanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com