Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantong Udara Honda CR-V Baru Diklaim Aman

Kompas.com - 16/01/2015, 08:20 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Bandung, KompasOtomotif - Pada 2014 lalu produsen airbag (kantong udara) asal Jepang, Takata, dinyatakan bermasalah. Akibatnya, jutaan unit mobil di seluruh dunia yang menggunakan airbag Takata harus ditarik massal dari peredaraan (recall).

Honda Prospect Motor baru saja meluncurkan New Honda CR-V, fitur keamanan masih menjadi unggulan dari New CR-V dengan menanamkan enam airbag dari awalnya hanya dua airbag. Menariknya, Honda masih menggunakan kantong udara keluaran Takata.

"Airbag New CR-V menggunakan tiga perusahaan penyuplai dan salah satunya Takata. Itu untuk sisi pengemudi, sementara sektor lainnya pakai merek lain. Khusus untuk Takata, kita pastikan aman dan sudah kita cek," ujar Direktur Marketing dan Aftersales Service Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy, saat test drive New CR-V di Bandung, Jawa Barat, Kamis (15/1/2015).

Jonfis menegaskan, kalau nantinya memang ada masalah pasti akan diperbaiki massal. "Honda selalu terbuka untuk recall, jadi tidak masalah," tegas Jonfis.

Tahun lalu, HPM melakukan penggantian airbag pada Accord, Brio dan Brio Satya. Unit yang ditarik mencapai ribuan unit untuk diperbaiki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com