Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Calon Mesin Mobil Honda dengan "Suntikan" Turbo

Kompas.com - 14/01/2015, 10:41 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Detroit, KompasOtomotif - Menambah elemen kejutan setelah memperkenalkan versi produksi Acura NSX, Honda mengumumkan rencana meluncurkan mesin baru pada akhir 2015 di North American International Auto Show (NAIAS).

Salah satu model yang diungkapkan adalah 4-silinder VTEC turbo. Dikatakan mesin ini akan punya performa besar sekaligus tetap mendukung level tinggi efisiensi bahan bakar. Baru sedikit informasi yang dibeberkan namun dikatakan mesin ini turunan dari keluarga Earth Dreams.

Investasi sebesar 340 juta dolar AS telah digelontorkan untuk membuat tiga jalur produksi mesin baru sekaligus penyegaran pabrik Anna, Ohio, Amerika Serikat. Unit mesin produksi pertama akan keluar menjelang 2016.

Honda tidak mengatakan berapa potensi tenaga mesin baru, namun Car and Driver, Selasa (13/1/2015), mengungkapkan gambarannya bisa diamati dari mesin prototipe Civic Type R. Mesin berkapasitas 2.0L saat itu disebut bisa menghasilkan hingga 300 tk.

Selain 4-silinder VTEC turbo, Honda juga mengatakan bakal memperkenalkan beberapa generasi terbaru mobil dengan mesin mesin canggih Earth Dreams pada 2018. Lagi-lagi tidak ada detail, tapi ekspektasinya adalah mobil listrik dan hibrida baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com