Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsep ”Crossover” Terbaru dari Volkswagen

Kompas.com - 12/01/2015, 12:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Detroit, KompasOtomotif – Vokswagen bakal unjuk gigi di Detroit Auto Show dengan mengandalkan konsep terbaru yang disebut Cross Coupe GTE. Model ini mirip dengan CrossBlue Concept yang ditunjukkan pada pameran yang sama tahun lalu, atau CrossBlue Coupe yang muncul di LA Auto Show.

Meski serupa tapi tak sama. Cross Coupe GTE lebih menerjemahkan bahasa desain crossover terbaru VW dengan ground clearance yang lebih tinggi. Tampangnya bersih, dengan lampu utama terdiri dari 4 LED yang menyatu dengan gril. Lampu sein juga menjadi satu bagian, menyerupai garis gril.

leftlanenews Tampak belakang, mencerminkan sosok crossover dengan ground clearance tinggi.

Ciri khas lain adalah atap yang cukup tinggi, pilar C yang besar, lampu belakang trapezoid, hingga pelek 22 inci yang membuat penampilan semakin maskulin dan berotot. Di dalam, konsol dan dashboard tampak minimalis sesuai dengan tren masa kini. Panel instrumen full digital, mirip dengan yang ditemukan pada generasi ketiga Audi TT atau VW Passat versi Eropa.

Mobil ini dibangun di atas platform MQB, dibekali teknologi hibrida yang memadukan mesin bensin 3.6L VR6 dengan tenaga 276 tk dan torsi 349 Nm, serta dua motor listrik bertenaga 54 serta 114 tk. Jika digabungkan, tenaga mobil ini mencapai 355 tk dan torsi 379 Nm, membuat mobil ini bisa melaju 0-100 kpj dalam 6 detik. Kecepatan maksimal mencapai 130 kpj.

leftlanenews Interior minimalis dan canggih.

Pengemudi bisa memilih profil pengendaraan seperti on-road, off-road, sport, atau snow (salju). Jika ingin menggunakan mesin elektrik saja, pengemudi juga bisa menyetel karakter ke E-Mode, Hybrid, GTE, dan off-road. E-Mode hanya menggunakan sebagian kecil baterai, melaju sampai 32 km.

Tidak ada petunjuk, akan dibuat untuk model apa konsep Cross Coupe ini. Perusahaan hanya megonfirmasi bahwa akhir 2016 akan lahir crossover 7-penumpang. Jadi, kemungkinan untuk realisasi konsep Cross Coupe GTE 5-penumpang akan menyusul setelahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com