Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mempertahankan Kilau Warna Atraktif Sepeda Motor

Kompas.com - 09/01/2015, 11:59 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Belakangan, banyak produsen sepeda motor yang mulai mengandalkan warna-warna atraktif. Kelir standar seperti hitam, abu-abu, merah, biru, putih, kini ditemani dengan warna ”berani” yang terkesan lebih muda dan dinamis. Mulai kuning, ungu, hijau, cokelat dan banyak lainnya.

Bukan tanpa alasan, warna cerah dan atraktif ternyata punya segmen sendiri. Kebanyakan produk yang mengadopsi warna cerah adalah skutik. Salah satu contoh, Yamaha Fino FI dengan aneka pilihan warna di tipe sporty. Tak hanya satu, kombinasi beberapa warna bahkan dipadu polesan krom membuat penampilan menggairahkan.

Ketika memutuskan untuk membelinya, yang harus disadari adalah menjaga kondisi warna atraktif agar tetap mengilap. Dari berbagai sumber, KompasOtomotif coba merangkum cara mempertahankan warna ”kinclong” sepeda motor agar tetap memesona:

1. Jangan terlalu sering terkena sinar matahari. Sebisa mungkin mencari tempat parkir yang teduh. Debu dan sinar ultraviolet matahari terus-menerus berpotensi merusak partikel cat.

2. Hindari mencuci dengan deterjen atau bahkan sabun colek. Kandungannya diciptakan untuk menghilangkan noda pada kain, bukan bodi sepeda motor. Usahakan memakai sampo khusus untuk menjaga kelembaban bodi dan cat.

3. Air hujan dan garam adalah musuh cat. Air hujan mengandung asam, terutama hujan yang turun pertama kali. Jika terkena, segera basuh dengan air bersih. Begitu juga dengan air garam alias air asin. Kandungan garam membuat warna cepat pudar, dan komponen besi cepat berkarat.

4. Segera keringkan jika bodi sepeda motor terkena air apa pun. Bintik-bintik air yang menempel dan terkena sinar matahari bercampur debu akan meninggalkan jamur dan noda yang sulit dihilangkan. Kilau cat pun berkurang.

5. Menggunakan cairan pengilap boleh, namun tidak disarankan terlalu sering. Warna bodi sepeda motor akan terkikis dan keindahannya pun lambat laun hilang.

6. Khusus untuk lapisan krom, hati-hati jika membersihkan air yang menempel. Gunakan kain dengan tekstur lembut agar tidak baret. Usahakan tidak memakai bahan kimia apa pun untuk komponen krom, karena warna akan berangsur menjadi kekuningan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com