Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kokpit Canggih ala Volkswagen Golf R Touch

Kompas.com - 06/01/2015, 18:40 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Wolfsburg, KompasOtomotif – Volkswagen (VW) merilis konsep baru untuk interior mobil. Golf R Touch pun ditunjukkan sebagai etalase visi perusahaan menghadirkan kabin mobil generasi baru yang terkoneksi secara elektronik dengan banyak sensor.

Kamera ganda akan terus memonitor semua pergerakan dalam interior, fokus utamanya tertuju pada gerakan tangan. Kolaborasi antara kamera tiga dimensi dan beberapa sensor gerak, memungkinkan pengemudi mengontrol banyak fungsi melalui gerakan tangan ketimbang interaksi fisik dengan tombol.

VW cukup berani menunjukkan teknologi ini, mengingat banyak pengamat meragukan efektivitasnya. Para kritikus juga sempat mencemooh teknologi gerakan tangan ini karena kadang kurang intuitif atau bahkan tidak akurat. Alhasil, teknologi ini justru mengganggu pengendara.

Kendati demikian, VW mengklaim sudah menemukan pendekatan serta teknologi untuk mengatasi permasalah tersebut.

leftlanenews Tampang VW Golf R Touch.

”Tim pengembangan pada Golf R Touch mengejar target memproduksi interior dan konsep infotainment yang kelihatannya kontradiktif dengan keinginan banyak orang. Namun konsep ini dikejar demi memberikan personalisasi maksimum dan mengurangi gangguan untuk pengemudi,” tegas VW dalam pernyataan resmi.

Selain menggunakan kontrol gerak dalam mengaktifkan banyak fungsi, penumpang juga bisa berinteraksi dengan layar infotainment sentuh 12,8 inci. Ada juga pusat kendali delapan inci yang bisa disentuh untuk banyak fungsi, seperti menyalakan AC, media, dan sebagainya. Belum cukup, ada layar 12,3 inci yan bisa dipakai untuk mode berbeda.

VW belum mengonfirmasi soal rencana produksi Golf R Touch, meski sistem baru tersebut layak disajikan sebagai perkembangan teknologi masa depan yang dibawa ke masa kini. Saat ini, VW masih fokus untuk menhadirkan sistem konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay sebelum akhir tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com